Sungailiat (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meluncurkan laman donor darah untuk mempermudah akses layanan masyarakat mendapatkan bantuan darah dari pendonor.

"Melalui aplikasi donor darah ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang sering menemui kesulitan untuk mendapatkan darah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Jumat.

Ia mengakui selama ini ada sebagian masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan bantuan donor darah baik yang siap dipakai maupun pendonor.

"Dengan sistem aplikasi donor darah dapat lebih mendekatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan darah ketika dalam kondisi medis yang membutuhan transfusi," jelasnya.

Dia mengatakan, dalam laman itu terangkum data stok darah yang tersedia termasuk data lengkap pendonor darah mulai dari alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi melalui rumah sakit dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka.

"Untuk membuka mengaksesnya melalui perambah, dan ketik sidora.bangka.go.id," jelasnya.

Pemerintah daerah melalui lembaganya kata dia, terus memaksimalkan layanan kesehatan masyarakat dengan berbagai program dalam rangka peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya minta masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, segera ke dokter atau di layanan kesehatan terdekat jika mengalami gangguan kesehatan maupun membutuhan bantuan darah," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018