Jakarta (ANTARA News) - Komunitas Kopi Indonesia (Kokopi) menggandeng lapak populer Indonesia, Tokopedia, untuk mengkampanyekan industri kopi lokal lewat program Kopi United.

Keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan program yang membuka ruang penyaluran produk kopi lokal dari hulu ke hilir lewat pijakan digital yang ditawarkan Tokopedia, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia.

Perkembangan pesat kecenderungan kopi di Indonesia dalam setahun terakhir, termasuk data Organisasi Kopi Internasional (ICO) yang menyebutkan pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar dibandingkan dunia pada umumnya, menjadi titik tolak kampanye itu, demikian dikatakan Ketua Kokopi, Ronald FRS.

"Kami berharap, para pengusaha yang terkait industri kopi bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendorong pengembangan bisnis UMKM sampai ke petani," katanya.

"Kopi memiliki potensi ekonomi kreatif luar biasa, terutama sebagai salah satu alternatif bagi anak bangsa dalam berwirausaha. Kami mengimbau seluruh pegiat industri kopi untuk bersatu memperkuat pamor kopi Indonesia agar bisa menjadi yang paling unggul di dunia," ujarnya menambahkan.

Selain bisa diakses melalui laman www.kopiunited.id, kampanye Kopi United juga bisa dijumpai lewat lapak Tokopedia yang menyantumkan laman khusus Hot List Kopi Indonesia, yang menjajakan mulai dari produk biji kopi mentah hingga peralatan seduh.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018