Seoul (ANTARA News) - Hyundai Motor Co dan afiliasinya Kia Motors Corp menapaki awal positif tahun ini dengan membukukan kenaikan penjualan kendaraan sport utility vehicle (SUV) model Tucson dan Sportage di pasar Amerika Serikat pada bulan lalu.

Pada Januari 2018, penjualan SUV kompak Hyundai Tucson melonjak 33 persen menjadi 7.638 kendaraan dari 5.748 unit pada tahun sebelumnya, walaupun penjualan SUV menengah Santa Fe turun 2,7 persen menjadi 7.677 dari 7.889 unit pada periode yang sama menurut Hyundai Motor America.

"Seperti yang kami harapkan, fokus pasar SUV berlanjut hingga 2018 dengan permintaan konsumen di segmen tersebut melampaui semua model lain," kata direktur yang bertanggung jawab atas penjualan Hyundai Motor di Amerika, John Angevine, sebagaimana dikutip Yonhap, Jumat (2/2).
ent.

Tucson mencetak rekor penjualan bulanan ke-11 kali berturut-turut karena "desain dan teknologi canggih" yang dicari oleh pelanggan, katanya.

Produsen mobil yang berencana meluncurkan Santa Fe dengan tampilan serba baru pada musim panas di Amerika Serikat itu memperkirakan model teranyar mereka akan mendorong penjualan di pasar mobil terpenting di dunia itu.

Untuk meningkatkan penjualan, Hyundai juga berencana mengenalkan SUV subkompak Kona di pasar Amerika Serikat pada bulan ini atau Maret.

Walaupun permintaan SUV meningkat, namun Hyundai dan merek Genesis yang berada di bawah naungannya, membukukan penjualan 41.242 unit kendaraan pada bulan lalu, turun 11 persen dari pencapaian 46.507 unit setahun lalu menurut pernyataan perusahaan.

Sementara Kia Motors menjual 35.628 kendaraan di Amerika Serikat bulan lalu, naik sedikit dari penjualan 35.626 unit pada tahun sebelumnya.

Penjualan model SUV Kia Sportage naik 24 persen menjadi 5.712 mobil dari jumlah 4.623 unit pada periode yang sama menurut Kia Motors America.

Penjualan SUV Kia Sorento justru turun menjadi 6.123 unit dari 6.179 kendaraan pada periode tersebut. Sedangkan mobil sport Kia Stinger, yang diluncurkan di Amerika Serikat akhir tahun lalu, terjual 1.021 unit pada Januari.

Gabungan Hyundai dan Kia, yang merupakan produsen mobil terbesar kelima di dunia berdasarkan angka penjualan, menghadapi penurunan penjualan di Amerika Serikat tahun lalu karena kurangnya ketersediaan model baru, terutama SUV, demikian menurut siaran Yonhap.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018