Pangkalpinang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung manargetken sidikitnya 1.500 wisatawan mancanegera akan datang ke daerah itu untuk menyaksikan secara langsung gelaran motocross level dunia MXGP 2018.

"Target kami sedikitnya 1.500 wisman akan datang menonton MXGP yang akan digelar di Pangkalpinang pada April mendatang," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melalui pesan Whatsapp dari Monako, Sabtu.

Untuk menghadapi kedatangan wisman tersebut, Erzaldi sudah meminta seluruh instansi terkait menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Kami juga akan mendata sejauhmana kesanggupan hotel-hotel kita menampung tamu-tamu itu nanti. Jika dalam pendataan masih dibutuhkan kamar ataupun fasilitas penginapan lainnya, Pemprov Babel akan menyiapkan homestay di beberapa kabupaten di Babel," ujarnya.

Erzaldi juga menyatakan harapannya seluruh kabupaten di Pulau Bangka menyiapkan homestay, agar para wisatawan yang datang tidak saja hanya menonton MXGP tetapi juga mengunjungi objrek-objek wisata sesuai keinginan mereka.

Jika wisatawan tertarik dengaan wisatawa sejarah, mereka dapat diarahkan ke Kabupaten Bangka Barat atau jika tertarik dengan agronomi bisa disarabkan untuk datang ke Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan.

"Intinya kami akan mendata kemungkinan homestay di Pulau Bangka ini," katanya.

Untuk menyukseskan gelaran MXGP itu juga Gubernur Erzaldi bersama Forkominda Babel berkunjung ke Monako. Kedataangan gubernur bserta rombongan guna menghadiri penandatanganan kontrak penyelengaraan MXGP 2018 antara IMI dan EO dengan Youtstream selaku pemilik lisensi MXGP di Monako pada Jumat (2/2).

Pertemuan itu sendiri, menurut gubernur, tidak hanya sebatas memastikan waktu dan tempat pelaksanaan MXGP, namun juga berkoordinasi terkait akomodasi dan transportasi bagi para peserta dan kru yang nantinya datang ke Babel.

"Kita juga koordinasikan tentang pesawat angkut material, apakah nanti bisa langsung ke Pangkalpinang tanpa melewati Jakarta. Nanti kita juga akan lihat, selama kapasitas bandara oke, kita akan segera berkoordinasi dengan Bea Cukai dan Imigrasi dan PT Angkasa Pura. Sebab nanti pesawatnya akan grounded selama sembilan hari. Artinya tidak akan pakai roro lagi," jelas Erzaldi.

Untuk menindaklanjuti pertemuan gubernur dan Forkominda di Monako tersebut, rencananya akhir Februari 2018 Tim Youtstream akan datang ke Pangkalpinang untuk mempersiapkan semua fasilitas pendukung MXGP.

"Untuk persiapan dan lainnya Insya Allah pekan ke tiga bulan Februari ini akan ada rapat pertama panitia. Kami berharap ajang internasional seperti MXGP ini bisa memberikan kebaikan bagi masyarakat Babel, di samping sebagai ajang promosi wisata juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM di Babel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018