Padang (ANTARA News) - Ribuan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat ikuti "Minangkabau Run", ajang olahraga santai yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Sesuatu yang membahagiakan melihat antusias dan tingginya minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini. Ada sekitar tiga ribu peserta yang ikut serta," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Minggu.

Gelanggang Olahraga H Agus Salim Padang, dipilih sebagai garis start dan finish kegiatan olahraga yang mengusung tema "Lari Budaya, Budayakan Lari" itu.

Pelepasan peserta dilakukan langsung oleh Nasrul Abit, sebelum mereka menempuh jarak lari sepanjang lima kilometer, dengan rute inti mengelilingi kawasan GOR H Agus Salim.

Pada kesempatan itu ia kembali mengimbau agar masyarakat setempat ikut meramaikan dan menyukseskan peringatan HPN.

"Pada HPN kali ini Padang adalah tuan rumah, ini menjadi kesempatan memperkenalkan Sumbar secara luas," ujarnya.

Salah seorang peserta Givo (20), memberikan tanggapan positif untuk kegiatan tersebut.

"Kegiatannya positif karena bisa berolahraga bersama-sama, juga ada hadiah yang disiapkan," katanya.

Sementara Event Direktor dari pihak penyelenggara, yaitu Jany Asha menyebutkan pihaknya menghadiahkan lima ratus medali bagi pemenang.

"Lima ratus pelari yang pertama masuk garis finish mendapatkan medali, selain itu kami juga memberikan kaos bagi setiap peserta yang mendaftar," tambahnya.

Ia mengatakan sebelum Minangkabau Run dimulai pukul 07.00 WIB, juga telah digelar senam bersama pada pukul 06.00 WIB.

Sebelumnya, kegiatan bertajuk olahraga untuk menyemerakkan HPN 2018 juga telah digelar yaitu sepeda santai pada Sabtu (3/2).

Kegiatan diawali dengan senam massal yang diikuti dari berbagai instansi pemerintahan, TNI, Polri, Kejaksaan, BUMN, BUMD, komunitas pecinta olahraga sepeda, serta klub-klub olahraga rekreasi.

Pada bagian lain, rangkaian acara HPN di Padang masih akan diisi dengan beragam kegiatan menarik. Mulai dari seminar, pertunjukkan kesenian, kebudayaan, wisata, dan lainnya.

Acara puncak HPN akan dilakukan pada 9 Februari mendatang yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pewarta: M. R. Denya Utama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018