Jakarta (ANTARA News) - Spotify menjadi raja di layanan pengaliran arus musik berbayar, mengungguli kompetitor lain seperti Apple Music, yang hadir sejak 2015.

Data terbaru menunjukkan Spotify memiliki 70 juta pelanggan berbayar, 70 juta lainnya menikmati layanan versi gratis. Angka ini nyaris dua kali lipat dari Apple di 36 juta pelanggan.

Tapi, menurut Wall Street Journal, pelanggan Apple Music tumbuh dalam kecepatan yang dapat menyaingi Spotify.

Apple diperkirakan dapat menggeser Spotify dari posisi puncak di Amerika Serikat pada musim panas ini.

Menurut sumber, pertumbuhan pelanggan bulanan Apple Music dua setengah kali lebih pesat dibandingkan Spotify. Di AS, setiap bulan pelanggan Apple naik 5 persen, lebih cepat dari Spotify yang tumbuh 2 persen.

Salah satu alasan Apple tumbuh cepat, seperti diberitakan laman Phone Arena, berkat aplikasi Apple Music yang sudah terpasang di gawai mereka seperti iPhone, iPad dan Apple Watch seri 3.

Apple Music juga akan hadir di pengeras suara pintar HomePod yang hadir dalam waktu dekat. Jika ingin mendengarkan musik dari aplikasi lain melalui HomePod, misalnya Spotify, pengguna harus memasang fitur AirPlay di gawai merk Apple lainnya.

Meski memiliki pelanggan lebih banyak, perpustakaan musik Spotify lebih sedikit, yaitu 30 juta lagu, dibandingkan Apple Music yang punya 45 juta.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018