Lantamal VII Kupang diperkuat KRI Tongkol

Lantamal VII Kupang diperkuat KRI Tongkol

KRI Tongkol-813 (tnial.mil.id)

Kupang (ANTARA News) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang mendapatkan satu unit kapal perang RI (KRI) yang akan ditempatkan langsung di Dermaga Lantamal VII Kupang di Bolok, Kota Kupang, kata Komandan Lantamal VII Kupang , Brigjen TNI (Mar) K. Situmorang, Senin.

"Iya benar. Nanti NTT akan dapat satu unit KRI yang diberi nama KRI Tongkol," katanya saat dihubungi dari Kupang.

Komandan berbintang satu tersebut mengatakan bahwa saat ini dirinya tengah berada di Jakarta guna mengelar rapat koordinasi sekaligus membicarakan soal kedatangan KRI tersebut.

Ia mengatakan KRI Tongkol dijadwalkan akan tiba di Kupang pada Rabu (7/2) malam dan direncanakan akan dilakukan upacara penerimaan yang akan dihadiri oleh sejumlah Forkompimda di NTT termasuk Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

"Kapalnya dijadwalkan tiba di Kupang pada Rabu malam pekan ini," ujarnya.

KRI Tongkol adalah KRI buatan PT. PAL. KRI ini mempunyai 49 awak kapal ini mempunyai ukuran 58.1 m x 7.62 m x 2.73 m (190.6 kaki x 25 kaki x 9 kaki). Kecepatan maksimum 28.1 knot dan berbobot penuh 425 ton.

Sementara itu perlengkapan senjata yang dimiliki antara lain meriam tunggal 40 mm serta dua senapan mesin 7.62 mm.

KRI Tongkol juga dilengkapi dengan dek penerbangan dan hangar di bagian belakang untuk helikopter sekelas NBO-105. Kapal ini juga dilengkapi dengan radar.

Dengan adanya kapal tersebut maka Lantamal VII Kupang sudah memiliki dua KAL serta satu unit KRI yang dibagi dari armada Timur.

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kapal Perang RI kejar tiga kapal Coast Guard China di Laut Natuna

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar