Bogor (ANTARA News) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengimbau warga Bogor dan Jakarta mewaspadai dampak luapan air Sungai Ciliwung, yang pada Senin tinggi airnya 240 centimeter.

"Kami mengimbau warga Bogor, juga warga Jakarta, untuk waspada karena diperkirakan dalam waktu sembilan jam atau malam nanti volume air akan tiba di Jakarta," kata Bima.

Dia yang meninjau area-area terdampak luapan air Sungai Ciliwung dan kondisi terkini Bendung Katulampa, yang tinggi airnya berangsur surut ke level 150 centimeter atau Siaga II pada pukul 13.00 WIB.

"Saya juga sudah berkomunikasi dengn Gubernur DKI Jakarta melaporkan perkembangan di Kota Bogor agar bisa mengantisipasi," kata Bima.

Di Bogor, menurut dia, ada 13 titik yang terdampak luapan air Sungai Ciliwung. Wali Kota menyatakan sudah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) menyiapkan segala keperluan penanggulangan bencana, termasuk logistik bantuan dan posko-posko penanggulangan bencana.

"Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolresta Bogor untuk mengantisipasi arus lalu lintas karena ada jalur yang ditutup dan dialihkan akibat luapan air di kawasan Jambu Dua," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018