KA Bogor-Sukabumi terganggu longsor sekitar jalur

KA Bogor-Sukabumi terganggu longsor sekitar jalur

Dokumentasi Sejumlah pekerja melakukan perbaikan jalur kereta api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi yang longsor di tebing sungai Cisadane, KM 11 Kampung Bojong Menteng, Desa Cibalung, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/3/2016). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah) ()

Bagi masyarakat disarankan untuk menggunakan moda transportasi lainnya."
Jakarta (ANTARA News) - Perjalanan sejumlah kereta api, baik itu KA penumpang maupun KA barang yang melewati lintas Bogor - Sukabumi pada hari Senin (5/2) mengalami gangguan disebabkan longsornya tanah di sekitar jalur KA, sehingga mengancam keselamatan dan perjalanan KA.

Senior Manajer Humas Edy Kuswoyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menyebutkan tercatat ada dua titik longsor di jalur lintas Bogor - Sukabumi yang mengganggu perjalanan KA.

Dua titik tersebut, yakni di petak jalan Cigombong-Cicurug pada kilometer 20+7/8 dan di petak jalan Batu Tulis-Maseng pada kilometer 13+8/9.

"Longsornya tanah ditengarai diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor dan sekitarnya," katanya.

Untuk menangani gangguan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menerjunkan tim.

"Saat ini masih dalam penanganan unit terkait. Kami terus berusaha untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api di lintas Bogor-Sukabumi," kata Edy.

Kejadian tersebut mengakibatkan terganggunya perjalanan KA, sehingga dilakukan pembatalan sejumlah KA dan pemotongan relasi KA.

Lintas Bogor - Sukabumi sendiri tiap harinya dilalui 10 perjalanan KA, terdiri dari enam KA penumpang, dan empat KA angkutan barang. Pembatalan dan pemotongan relasi KA dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA.

PT KAI Daop 1 Jakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan KA lintas Bogor - Sukabumi.

"Bagi masyarakat disarankan untuk menggunakan moda transportasi lainnya," katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Menhub percepat pengerjaan jalur ganda KA

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar