Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat fokus terhadap penanganan awal bencana longsor yang terjadi di Jalan Raya Puncak Bogor pada Senin sekitar pukul 02.00 WIB dan membuat jalur utama lumpuh.

"Di lapangan mitigasi bencana terus kita lakukan, dengan BPBD setempat, BPBD Jabar termasuk BNPB dan Basarnas turun di lapangan," ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Bandung, Senin.

Aher menjelaskan, saat ini petugas gabungan tengah melakukan evakuasi material longsor di empat ruas yang tertutup tanah. Empat titik tersebut yaitu seputaran Masjid Atta`awun, Riung Gunung, Grandhill, dan Widuri.

Akibat longsoran tersebut, jalur utama puncak lumpuh total. Untuk sementara hingga proses evakuasi selesai, petugas di lapangan terpaksa mengalihkan arus lalu lintas ke arah Sukabumi.

"Longsoran di jalan kan menganggu, tentu tidak bisa melewati jalur Puncak, kan? Oleh karena itu, ini diselesaikan dulu sekarang sedang diusahakan secepatnya mudah-mudahan nanti malam atau besok sudah bisa diselesaikan," kata dia.

Rencananya, dalam waktu dekat Aher akan meninjau langsung lokasi bencana, sekaligus mengarahkan jajarannya untuk melakukan mitigasi bencana.

"Insya Allah ada, kalau tidak besok lusa. Pokoknya nanti kita ke sana," kata dia.

Sebelumnya, tim kaji cepat PMI Kabupaten Bogor, Jawa Barat menginformasikan peristiwa longsor di jalur Puncak, menelan korban jiwa, beberapa orang dikabarkan meninggal dunia. 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018