Jakarta (ANTARA News) - Ronald Koeman akan segera diumumkan sebagai pelatih baru Timnas Belanda setelah asosiasi sepak bola negara itu  (KNVB) menggelar jumpa pers hari ini, lapor berbagai media seperti dikutip Reuters.

Koeman menjadi satu-satunya orang yang dikait-kaitkan dengan tugas itu oleh media massa Belanda. Pengumuman akan disampaikan di markas besar KNVB di Zeist.

Pria berusia 54 tahun itu akan menggantikan Dick Advocaat yang mengundurkan diri November tahun lalu karena gagal mengantarkan Belanda ke putaran final Piala Dunia Rusia tahun ini.

Koeman bertugas mengembalikan keberuntungan tim yang delapan tahun menjadi finalis Piala Dunia namun tak pernah lagi tampil dalam turnamen besar sejak 2014 setelah gagal tampil pada Piala Eropa dua tahun silam.

Koeman menganggur sejak dipecat Everton Oktober tahun lalu setelah terseok-seok di Liga Premier.

Misi awalnya adalah pertandingan persahabatan bergengsi melawan Inggris dan Portugal pada Maret, sedangkan tujuan utama dia adalah Euro 2020.

Koeman, yang 78 kali memperkuat Belanda, sangat berpengalaman menjadi manajer, setelah melatih Vitesse Arnhem, Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton dan Everton.

Pelatih penjaga gawang Everton Patrick Lodewijks dan mantan pemain Timnas Belanda Kees van Wonderen akan menjadi asistem pelatih Koeman sehingga Ruud Gullit yang menjadi asisten Advocaat tak lagi punya posisi apa-apa.

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018