Kendari (ANTARA News) - Badan Sar Nasional (Basarnas) berhasil menemukan tiga penumpang kapal tenggelam di Perairan Wakatobi, Sultra, dalam keadaan selamat.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, di Kendari, Selasa, mengatakan pada Selasa pukul 08.30 wita terdapat satu kapal layar ukuran kecil tenggelam di Perairan Sombano Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan semua penumpang dinyatakan hilang.

Pada pukul 08.40 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi bersama satu orang personil Polair Wakatobi, diberangkatkan menuju TKM untuk memberikan bantuan SAR dengan menggunakan RIB, " katanya.

Informasi perkembangan dari tim rescue katanya, pihak Pos SAR Wakatobi bersama Polair Wakatobi telah berhasil menemukan kapal kecil itu dalam posisi terapung.

"Awalnya kapal sudah ditemukan dalam keadaan terapung, tetapi penumpang tiga orang belum diketahui. Kemudian pencarian dilanjutkan hingga didapat," katanya.

Penumpang tersebut adalah La Sarun (31) ditemukan di seputaran Suar Sombano pada pukul 11.12 Wita oleh tim sar gabungan Basarnas dan Polair Wakatobi dan dievakuasi ke pelabuhan Wanci dalam keadaan selamat.

Kemudian pukul 15.02 Wita ke dua korban berikutnya berhasil ditemukan yakni La Saari (40) dan La Kabil (27) di Perairan Sombano seputaran Suar Sombano dalam keadaan selamat oleh nelayan setempat dan saat ini telah berada di Puskesmas Kaledupa induk untuk mendapatkan penanganan medis.

Sebelumnya, Basarnas melaporkan, pada Selasa pukul 08.35 wita terima laporan dari Kasat Polair Wakatobi, AKP Idris bahwa pada pukul 08.30 wita telah terjadi kapal tenggelam di perairan Sombano Kabupaten Wakatobi.

"Kapal tersebut berlayar dengan rute Ereke-Tomia Timur dengan penumpang tiga orang," katanya.

Usai menerima laporan itu kata Wahyudi, pihaknya langang mengirim tim rescue untuk melakukan pertolongan dan pencarian di tempat kejadian musibah (TKM).

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018