counter

BNPB imbau masyarakat tetap waspada selama puncak musim hujan

BNPB imbau masyarakat tetap waspada selama puncak musim hujan

Sejumlah petugas gabungan melakukan pencarian korban longsor di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018). Tiga korban yang sempat hilang dalam peristiwa longsor di kampung tersebut berhasil ditemukan pada Selasa (6/2/2018) dalam kondisi meninggal dunia. (ANTARA/Arif Firmansyah) ()

Bogor (ANTARA News) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengimbau masyarakat khususnya wilayah Bogor untuk tetap waspada bencana selama puncak musim hujan berlangsung.

"BMKG sudah menginformasikan saat ini masuk musim hujan tertinggi dari Februari sampai akhir Maret. Masyarakat diminta untuk tetap waspada," kata Willem usai meninjau lokasi longsor di Riung Gunung, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Ia mengatakan wilayah Bogor termasuk kawasan rawan bencana salah satunya longsor. Untuk wilayah Kabupaten Bogor terjadi sejumlah longsor di daerah Puncak dan Cijeruk.

Di kedua lokasi terdapat korban jiwa. Lima orang tertimbun longsor di wilayah Puncak dekat Masjid At Ta`awun, satu di antaranya meninggal dunia, satu luka berat, dan tiga lainnya selamat.

Satu korban longsor di hutan pinus, Puncak dalam kondisi selamat mengalami luka ringan. Dan tiga orang dilaporkan tergerus longsor di lokasi Riung Gunung yang masih dalam pencarian.

Korban meninggal dunia cukup banyak terjadi di wilayah Cijeruk, lima orang tertimbun longsor. Empat diantaranya meninggal dunia telah berhasil dievakuasi dan satu orang lainnya masih dalam pencarian.

"Pencarian korban longsor akan dilanjut Rabu besok," kata Willem.

Menurut Willem upaya pencarian dan evakuasi korban tanah longsor tidak mudah memerlukan waktu, harus menggunakan pompa air, dan harus digali pelan-pelan.

Cuaca lanjutnya, menjadi salah satu kendala dalam upaya pencarian dan evakuasi korban. Jika hujan turun tidak bisa dilakukan pencarian untuk menghindari adanya korban dari pihak SAR.

"Kita juga harus memperhatikan keselamatan bagi orang yang melalukan pencarian dan evakuasi," katanya.

Willem menambahkan upaya penyelamatan dilakukan sesuai aturan minimal dua minggu. Tetapi pencarian akan dilakukan sampai korban ditemukan. Jika dalam batas waktu dua minggu tidak ditemukan pencarian akan dihentikan.

"Untuk korban di Riung Gunung perlu untuk diklarifikasi lagi, karena itu berdasarkan keterangan saksi mata. Saya minta BPBD setempat untuk klarifikasi laporan satu orang yang mengatakan ada tiga orang tertimbun," kata Willem. 

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

BNPB berikan bantuan ribuan bibit pohon

Komentar