Jakarta (ANTARA News) - Tim bulu tangkis putra Indonesia, berhasil menumbangkan tim Maladewa dengan skor 5-0, dalam laga penyisihan grup D Kejuaraan Beregu Asia 2018, yang sekaligus kualifikasi Piala Thomas tersebut.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Selasa, pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi wakil Indonesia terakhir yang menyumbangkan angka kemenangan kelima.

Bermain terakhir bagi Indonesia di Stadion Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, Selasa waktu setempat, Marcus/Kevin sukses menundukan duet Maladewa, Hussein Zayan Shaheed/Hassan Afsheem Shaheem, dengan skor meyakinkan 21-10, 21-10.

Bagi Marcus/Kevin yang tengah dalam performa terbaiknya dan sangat bersinar dalam kejuaraan perorangan, di sejumlah pertandingan beregu mereka kerap kali tak bisa seberuntung dalam kejuaraan individu.

Seperti di ajang Piala Sudirman 2017, Marcus/Kevin dikalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen dalam laga Indonesia melawan tim Denmark. Lalu dalam penyisihan grup di putaran final Piala Thomas 2016, pasangan peringkat satu dunia ini juga sempat menderita kekalahan dari Puavaranukroh Dechapol/Bodin Issara yang mewakili tim Thailand.

"Kalau buat saya, pressure di beregu dan perorangan sebenarnya sama saja, saya mencoba menikmati tiap pertandingan. Tiap pertandingan itu kan ada faktor keberuntungan, waktu itu kami kurang beruntung saja," kata Kevin dalam keterangan resmi PP PBSI.

Kendati demikian, Marcus/Kevin mengaku optimistis dengan peluang tim Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2018 ini, pasalnya Merah Putih yang tampil dengan kekuatan penuhnya, dinilai mereka punya kans besar untuk mempertahankan gelar juara yang diraih tahun lalu.

"Tapi, walaupun Indonesia menurunkan kekuatan penuh, tapi tim lain juga punya materi pemain yang bagus. Semua punya peluang," tutur Kevin.

Adapun hasil lengkap pertandingan tim putra Indonesia melawan Maladewa dalam Kejuaraan Beregu Asia 2018 adalah:

1. Jonatan Christie - Hussein Zayan Shaheed 21-3, 21-5

2. Anthony Sinisuka Ginting - Ahmed Nibal 21-10, 21-3

3. Ihsan Maulana Mustofa - Hassan Afsheem Shaheem 21-7, 21-4

4. Hendra Setiawan/Angga Pratama - Mohamed Arsalaan Ali/Ahmed Nibal 21-8, 21-6

5. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo - Hussein Zayan Shaheed/Hassan Afsheem Shaheem 21-10, 21-10

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018