Kendari (ANTARA News) - Basarnas berhasil menemukan dan mengevakuasi Kapal Motor (KM) Ilham Jaya yang terombang-ambing di perairan Mawasangka Buton Tengah Sulawesi Tenggara akibat patah kemudi beserta semua penumpangnya dalam keadaan selamat.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi di Kendari, Selasa, mengatakan KM Ilham Jaya yang mengalami patah kemudi sejak pukul 02.00 Wita dan berhasil ditemukan pada pukul 10.00 Wita

"Tim rescue Pos Sar Baubau berhasil menemukan KM Ilham Jaya GT 30," katanya.

Selanjutnya kata Wahyudi, KM Ilham Jaya dievakuasi ke Pulau Kadatua beserta 6 orang krunya dan Penumpang berjumlah 9 orang dievakuasi ke Pelabuhan Murhum Baubau dalam keadaan selamat.

Pukul 11.35 Wita tim rescue pos SAR Vaubau kembali ke pangkalan, Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

Sebelumnya, Basarnas menerima laporan pada pukul 08.30 wita dari Korpos Baubau bahwa pada pukul 02.00 wita KM Ilham Jaya (kapal penumpang) mengalami patah kemudi.

"Kapal penumpang ini sedang berlayar dengan Rute Kabaena Kabupaten Bombana menuju Kota Baubau," katanya.

Dikatakan, posisi terakhir kapal tersebut di Tanjung Tancebungi kurang lebih 23 mil laut dari Kota Baubau.

"KM Ilham Jaya tersebut sedang membawa penumpang 14 orang termasuk nahkoda dan Anak buah kapal," katanya.

Setelah mendapat laporan tersebut katanya, maka pada pukul 08.40 Wita tim rescue Pos Sar Baubau dengn menggunakan RIB diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah (TKM) untuk melakukan pencarian dan pertolongan hingga akhirnya ditemukan dan dievakuasi.

Pewarta: Suparman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018