SpaceX luncurkan roket terkuat di dunia menuju Mars

SpaceX luncurkan roket terkuat di dunia menuju Mars

Peluncuran roket SpaceX di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Amerika Serikat, pada 6 Februari 2018. (NASA/Tony Gray and Sandra Joseph)

Cape Canaveral, Amerika Serikat (ANTARA News) – Roket paling kuat di dunia, Falcon Heavy milik SpaceX, meluncur dari Cape Canaveral pada Selasa waktu setempat dalam penerbangan uji coba pertamanya sambil membawa mobil Tesla milik CEO Elon Musk ke sebuah orbit di dekat Mars.

Teriakan dan sorak sorai pecah di Cape Canaveral, Florida, saat roket besar itu menyalakan 27 mesinnya dan melesat ke langit biru dari landasan peluncuran yang  pernah digunakan Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sebagai pangkalan misi Amerika Serikat ke bulan empat dekade lalu.

"Wow, apakah kalihat melihatnya? Keren sekali," kata komentator SpaceX Lauren Lyons saat tepuk tangan bergemuruh di ruang kendali misi.

Membawa Tesla merah milik Musk dan sebuah maneken berbaju luar angkasa, uji coba penerbangan roket monster itu telah mewujudkan imajinasi dunia.

Sekitar dua menit setelah meluncur, dua pendorongnya terlepas dan kembali ke Bumi untuk pendaratan tegak lurus. Video siaran langsung uji coba penerbangan itu menunjukkan kedua roket mendarat serempak bersisian di landasan peluncuran. Yang ketiga ditargetkan mendarat di platform samudra.

"Dan Falcon sudah mendarat," kata Lyons sebagaimana dikutip AFP. (mu) 

Pewarta: -
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar