Cianjur (ANTARA News) - PT KAI Daops 2 Bandung memastikan layanan kereta api di wilayah Daops 2 termasuk rute Cianjur-Sukabumi, Jawa Barat, tetap berjalan seperti biasa meskipun kondisi cuaca ekstrem.

"Jalur Daops 2 Bandung tidak terjadi longsoran seperti jalur kereta di daerah lainnya. Meskipun ada 47 titik rawan bencana yang tersebar di rute Daop 2 Bandung, namun saat ini kondisinya masih aman," kata Humat PT KAI Daops 2 Bandung, Joni Martinus, pada wartawan Rabu.

Dia menuturkan, di Daop 2 Bandung lintasan kereta api cukup ekstrem karena banyak perlintasan melalui gunung, bukit, lembah dan jurang, sehingga rentan terjadi bencana alam yang menyebabkan putusnya jalur kereta api.

Wilayah paling rawan terjadi longsor dari arah barat dan timur seperti Banjar dan Purwakarta termasuk jalur Cianjur-Sukabumi ada beberapa titik rawan longsor. Khusus untuk Cianjur-Sukabumi, pihaknya mencatat dua titik longsor sepanjang Cibeber hingga Cilaku.

"Meskipun kondisi cuaca buruk dengan hujan deras selama beberapa hari terakhir. Jalur kerta di Daops 2 Bandung tidak terjadi bencana yang mengakibatkan operasional terganggu. Semua berjalan lancar, termasuk jalur Cianjur, pemberangkatan tetap normal," katanya.

Untuk mengantisipasi bencana tersebut, pihaknya menempatkan petugas jaga rawan di beberapa titik yang bertugas secara bergantian berjaga dan memantau titik rawan."Kami siapkan petugas jaga khusus di jalur rawan bencana, mereka bertugas nonstop 24 jam," katanya.

Bahkan pihaknya menyiapkan material untuk siaga (AMUS) yang ditempatkan di atas gerbong datar seperti bantalan, batu pasir, plat sambung dan lainnya. Sehingga saat terjadi kerusakan akibat bencana dapata segera diperbaiki.

"Kami sudah siapkan segalanya, ketika terjadi longsor atau kerusakan jalur segera ditangani dan diperbaiki. AMUS itu sudah ditempatkan di setiap jalur rawan. Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada penumpang kereta," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018