Kopenhagen (ANTARA News) - Putra Mahkota Denmark Pangeran Frederik bergegas meninggalkan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan untuk kembali ke negerinya demi menemani ayahandanya Pangeran Henrik yang kondisi kesehatannya bertambah buruk, kata Istana Kerajaan Denmark seperti dikutip Reuters.

Pangeran Henrik, suami Ratu Margrethe, pekan lalu didiagnosis mengidap tumor jinak. Dia dilarikan ke rumah sakit setelah sakit mulai lawatan pribadinya ke Mesir.

"Saya tahu kakak saya tidak sehat. Hal itu sudah menjadi bahan pertanyaan berminggu-minggu," kata adik Pangeran Henrik, Etienne de Monpezat, kepada koran Denmark BT.

Putri Mahkota Mary, yang adalah istri Pangeran Frederik, mengunjungi dia di rumah sakit Kopenhagen hari ini bersama dengan dua anak-anaknya. Putri Mary lahir di Australia.

Baca juga: Penyelenggara Olimpiade minta maaf kepada Iran perihal smartphone Samsung

Terlahir dalam nama Henri Marie Jean Andre de Laborde de Monpezat di Prancis pada 1934, Pangeran Henrik menikahi Ratu Margrethe pada 1967 dan memiliki dua putera, Putra Mahkota dan Pangeran Joachim.

Keluarga Kerajaan pada September tahun lalu sudah menyatakan bahwa Pangeran Henrik menderita dimensia.

Pengumuman itu muncul setelah Pangeran Henrik menjadi pusat kontroversi setelah dia menyatakan tak ingin dikuburkan di sebelah istrinya nanti karena merasa tidak bahagia mengingat sang istri menganggap sebelah mata dia.

Putra Mahkota Frederik adalah anggota Komite Olimpiade Internasional.

Baca juga: Diplomasi dalam bungkus upacara pembukaan Olimpiade Pyeongchang

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018