Palembang (ANTARA News) - Sriwijaya FC menargetkan dapat membungkam Bali United pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2018, Minggu malam (11/2), untuk modal saat melakoni laga tandang di Bali.

Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, di Palembang, Sabtu, mengatakan, Bali United salah satu tim terbaik di Indonesia karena tahun ini mereka tidak banyak melakukan perombakan tim sehingga kekompakan dan chemistry antarpemain sudah bagus.

"Bali United tim kuat. Mereka sulit dikalahkan tapi bukan tidak mungkin dikalahkan. Kita akan berupaya keras meraih kemenangan di kandang sebagai modal away ke Bali nanti," ujar RD saat prematch conference di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Menurut pelatih berusia 51 tahun ini, pada leg pertama ini dia telah mematangkan strategi bagaimana pemain menjaga keseimbangan permainan.

RD memilih fokus pada hal itu dikarenakan hal itulah yang paling sulit dilakukan di lapangan.

"Ada tim yang menyerang terus tapi lupa bertahan. Ada juga tim yang main sangat defensif tapi tidak efektif saat ofensif. Saya inginnya anak-anak terus bermain menyerang tapi tetap ingat keseimbangan bertahan," ujar RD.

Selain itu, RD mengatakan, pertandingan seperti besok malam ini sangat berguna dalam mengasah mentalitas pemain. Sebab strategi tim dan skill pemain akan sia-sia jika mentalitas pemain tidak baik.

"Sekali lagi saya katakan, turnamen yang kita ikuti ini proses pembelajaran untuk liga. Bukan hanya strategi dan chemistry antarpemain saja, tapi mentalitas juga perlu dimatangkan. Di pertandingan krusial seperti besok, akan dibutuhkan mentalitas yang bagus," kata RD.

Sementara itu, bek Sriwijaya FC, Hamka Hamzah, menerangkan, menjelang menghadapi Bali United, semua pemain pada keadaan prima dan tidak ada yang terkena akumulasi kartu sehingga pemain siap memberikan penampilan terbaik di laga besok.

Pelatih Bali United, Hans-Peter Schaller, mengatakan, tim secara umum bangga bisa berada di Palembang untuk menjalani laga semifinal Piala Presiden 2018 menghadapi Sriwijaya FC.

Menurut Schaller, SFC merupakan tim bagus dan sudah ditunjukkan melaju sejauh ini. Akan tetapi Bali United juga datang dengan kekuatan yang tak bisa diremehkan.

Meski kehilangan Irfan Bachdim yang dibekap cedera, namun Schaller yakin tim yang diturunkan masih bisa merepotkan Sriwijaya FC.

"Kami berharap bisa mendapat hasil bagus di sini untuk terus berlanjut di turnamen ini. Bermain away di leg pertama ini, kami yakin bisa dapat hasil positif," tuturnya.

Meski konsentrasi tim terbagi karena juga harus melakoni laga AFC Cup 13 Februari mendatang, namun Schaller mengaku sudah berkoordinasi dengan Widodo C Putro yang menangani Bali United di AFC Cup.

"Semifinal Piala Presiden penting, tapi akan ada rotasi karena ada pemain yang dipersiapkan untuk laga AFC juga. Tapi kita hadapi yang terdekat dulu (semifinal Piala Presiden)," ujar dia.

Bek kiri Bali United, Ricky Fajrin menyatakan para pemain Serdadu Tridatu telah siap dan tidak sabar dengan pertandingan besok.

"Kami akan berupaya keras mencuri poin di sini agar meringankan kerja kami saat laga kandang nanti," kata dia.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018