Kediri (ANTARA News) - Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berjanji akan mengembangkan pariwisata di Jatim, dengan harapan roda perekonomian masyarakat juga bisa terus bergerak.

"Kami berkeyakinan pariwisata menjadi jalan menyejahterakan masyarakat. Tapi ada syaratnya. Apa itu ? Pariwisata yang dikembangkan harus berbasis masyarakat, `Society based tourism`," katanya saat di Kediri, Sabtu.

Ia mengatakan, pariwisata yang berbasis masyarakat, bisa menjadikan rakyat sebagai subyek pengembangan pariwisata. Semua program dijalankan semata-mata untuk masyarakat.

"Kelompok warga diberdayakan, sehingga bisa mengelola potensi destinasi di sekitarnya menjadi lebih baik, dengan kemasan atraksi wisata yang diminati wisatawan sehingga memberi pemasukan ke warga. Rakyat diberdayakan, dilatih kelola `Homestay`, dilatih bahasa asing, dilatih usaha kuliner, dan sebagainya," ujar dia.

Puti menambahkan, ke depan sudah menyiapkan program yang sudah disiapkan untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Jatim. Program ini melibatkan penggerak kelompok sadar wisata (pokdarwis), akademisi, dan berbagai elemen lainnya untuk melahirkan desa-desa wisata unggulan.

"Intinya kami membuat ini terintegrasi, termasuk infrastruktur kami benahi total. Ada target di pemerintahan Gus Ipul dan Puti ke depan bahwa konsep ini akan membuka lapangan kerja bagi ratusan ribu warga di sekitar destinasi. Kami optimistis, karena Jatim kaya destinasi wisata alam, budaya, dan wisata buatan yang keren," ujar Puti.

Lebih lanjut, Puti juga mengatakan sudah menyiapkan pengelolaan wisata berkonsep digital.

"Jadi dalam konsep `Society based tourism` itu, salah satu contohnya, menghubungkan `Homestay-homestay` rakyat ke `Marketplace` akomodasi wisata kelas dunia, jadi turis dengan mudah mengaksesnya, karena kami punya target mendatangkan 1 juta turis asing dalam dua tahun," kata dia menjelaskan.

Puti berkunjung ke sejumlah lokasi di Kabupaten Kediri, pada Jumat-Minggu (9-11/2). Lokasi yang dituju misalnya di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Puti menyapa warga dan dialog dengan mereka. Warga juga sangat antusias.

Dalam diskusi tersebut, Puti menyemangati warga untuk terus berinovasi. Contohnya, bisa dikembangkan "Agrotourism" dengan memanfaatkan komoditas seperti nanas di lereng Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut). Berbagai produk turunan nanas bisa dihasilkan warga untuk oleh-oleh wisatawan serta menjalankan paket wisata di lahan nanas.

Selain itu, Puti juga mengadakan rapat dengan seluruh kader PDIP untuk membahas pilkada. Puti juga berkunjung ke sejumlah UMKM di Kabupaten Kediri, hingga rencana akan ikut kegiatan senam dalam acara "Car free day" di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018