Jakarta (ANTARA News) - Sebelum menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (10/2) aktor Advent Bangun sempat menitipkan pesan pada keluarganya. Dia ingin kelima anak dan istrinya bisa hidup kompak.

"Harus kompak. Saling menguatkan," kata istri Advent, Lois Riani Amalia Sinulingga di TPU Kampung Kandang, Jakarta, Minggu.

Di sisi lain salah satu putri Advent mengatakan kalau mendiang ayahnya ingin para putra dan putrinya bisa menjaga diri.

Lois mengatakan mendiang suaminya itu sempat mendapatkan perawatan dari pihak medis selama beberapa hari karena mengalami masalah ginjal akibat diabetes. Tak lama kondisinya membaik dan bisa kembali ke rumah.

"Sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit lalu pulang ke rumah. Dia meninggalkan lima orang anak dan satu orang cucu," tutur Lois.

Beberapa lama berselang, Advent yang bernama lengkap Yohanes Thomas Advent Bangun itu pergi. Dia pergi dalam usia 65 tahun, di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.

Dia dikebumikan di TPU Kampung Kandang hari ini sekitar pukul 15.00 WIB.

Selama hidupnya, wajah Advent sudah wara-wiri di berbagai film laga Indonesia antara lain Rajawali Sakti (1976), Golok Setan (1983), Si Buta Lawan Jaka Sembung (1983), Mawar Berbisa (1984) dan Si Buta Dari Gua Hantu (1985). 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018