Aktor Hollywood kecam Trump karena keluar dari kesepakatan Paris

Aktor Hollywood kecam Trump karena keluar dari kesepakatan Paris

Sutradara dan aktor kawakan Hollywood Robert de Niro (AFP)

Dubai, UAE (ANTARA News) - Sutradara dan aktor kawakan Hollywood Robert de Niro pada Minggu (11/2) memuji Uni Emirat Arab (UAE) karena memerangi pemanasan global, dan pada saat yang sama mengecam Pemerintah AS karena keluar dai Kesepakatan Iklim Paris.

De Niro mengeluarkan pernyataan tersebut dalam Pertemuan Puncak Pemerintah Dunia 2018 mengenai perubahan iklim, dan mengatakan UAE adalah negara Arab pertama yang menandatangani dan belakangan mensahkan Kesepakatan Paris pada November 2016. Kesepakatan itu bertujuan membatasi kenaikana temperatur dua derajat Celsius di atas tingkat pra-industri.

UAE telah berjanji akan menghasilkan 50 persen kebutuhan energi dalam negerinya dari sumber energi yang terbarukan sampai 2050.

De Niro, yang terkenal karena perannya dalam film blockbuster seperti Raging Bull (1980) dan Goodfellas (1990), sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi, menambahkan, "Situasi di negeri saya tidak membantu."

Ia menyatakan negerinya, ekonomi terbesar di dunia, mengakibatkan "kerusakan langgeng pada planet kita", gara-gara kecongkakan di bawah Presiden Donald Trump, yang pada Juni 2017 memutuskan untuk keluar dari Kesepakatan Paris.

Mengenai prospek bagi peran AS dalam memerangi pemanasan global, aktor yang berusia 74 tahun itu tetap optimistis untuk jangka-panjang.

"Kita berada pada saat yang berbeda di dunia ini pada saat ini ... Tapi kami akhirnya akan memperbaiki itu," katanya.

(C003)

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar