Jakarta (ANTARA News) - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan akan menjalani operasi tambahan pada mata kirinya hari ini, Senin (12/2) pukul lima sore waktu Singapura atau 16.00 Waktu Indonesia Barat.

“Pukul 13.30 waktu singapura persiapan masuk ruangan, kemudian pukul 17.00 mulai operasi. Operasi berlangsung dua hingga tiga jam,” kata Rina Emilda, Istri Novel, saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Rina menyampaikan, operasi tambahan tersebut akan dilakukan oleh dokter dari Singapura, Profesor Tan untuk menggeser selaput-selaput yang sudah tumbuh ke bagian selaput yang belum tumbuh.

Operasi tambahan tersebut merupakan saran seorang ahli dari Inggris untuk mempercepat pertumbuhan selaput mata Novel, agar bisa dilanjutkan ke operasi terakhir, yakni pemasangan kornea.

“Saat ini belum sampai ke tindakan penglihatan, baru menggeser selaput,” tukas Rina.

Apabila perkembangannya baik, lanjut Rina, Novel akan dijadwalkan untuk menjalani operasi terakhir, yakni pemasangan kornea, dua bulan setelah operasi yang dilakukan hari ini.

“Kalau baik itu dua bulan untuk operasi selanjutnya. Cuma beberapa kali ini kan dipending terus, jadi dokter belum berani memastikan. Ini sudah dua bulan belum (operasi pemasangan kornea) karena memang perkembangannya melambat,” ungkap Rina.

Pagi ini, Novel yang didampingi dokter dari KPK, sedang melakukan registerasi dan mengecek alergi serta tekanan darah.

“Untuk pengecekan yang lain itu masih menggunakan pengecekan dua bulan lalu, karena kan dua bulan lalu operasi juga,” pungkas Rina.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018