Jakarta (ANTARA News) - Meghan Markle akan menikahi pangeran Harry pada 19 Mei 2018. Hidupnya akan berubah drastis sejak saat itu.

Meski demikian, semenjak mengumumkan pertunangan mereka, hidupnya sudah banyak berubah.

Dari pengumuman pertunangannya dengan Harry hingga acara Natal bersama keluarga kerajaan, gaya hidup caranya berinteraksi di hadapan publik sudah mulai berubah. 


Di bawah ini, adalah sederet hal yang mungkin tidak akan dilakukan Meghan setelah dia resmi menjadi bagian dari keluarga kerajaan Inggris, seperti dikutip dari Cosmopolitan.


1. Swafoto

Meghan sudah menguasai aturan ini. Dalam penampilan publiknya yang pertama bersama Pangeran Harry pada awal Desember Meghan dikabarkan mengatakan pada pasangan yang meminta swafoto, "Kami tidak dibolehkan berswafoto."

Meghan juga mungkin menggunaan filter media sosial apa pun (seperti filter anak anjing di Snapchat) di hadapan publik, dan dia juga tidak bisa lagi berpose dengan minuman-minuman cantik, kecuali di acara resmi kerajaan.
Lagipula, Ratu Elizabeth dikabarkan bukan penggemar swafoto.

Pada 2014, duta besar AS Matthew Barzun mengatakan pada majalah Tatler bahwa sang Ratu mengatakan padanya swafoto terasa "janggal" baginya. Dengan kata lain, "Dia pada dasarnya bekata: 'Aku rindu kontak mata'," kata Barzun.



2. Pergi sendirian


Pernahkah Anda melihat Kate Middleton sendirian tanpa teman? Seperti setiap anggota kerajaan lain, Meghan akan dikawal kemana pun dia pergi.



3. Memberikan tanda tangan

Selain acara penandatanganan resmi pada acara kerajaan, tiap anggota kerajaan Inggris dilarang memberikan tanda tangan pada publik.

Ini disebabkan adanya kekhawatiran tanda tangan itu dipalsukan dan disalahgunakan.

Pada 2010,  Pangeran Charles melanggar protokol dengan memberikan tanda tangan pada salah satu korban banjir Cornwall. Menurut The Telegraph, dia menulis "Charles 2010" dan meminta maaf karena "tulisannya tidak rapi."



4. Bebas media sosial

Meghan juga akan bergabung dengan Harry, Kate dan William dalam naungan @KensingtonRoyal di media sosial. Akun tersebut sudah mengunggah foto-foto aktivitas sosial dari trio itu.

Akun tersebut menyediakan bagi publik sebuah komunikasi intim dengan keluarga kerajaan, namun tetap dikontrol.

Akun yang sama juga mengunggah foto-foto resmi pertunangan Meghan dan Harry, juga di mana mereka mengumumkan tanggal pernikahan.





5. Bermesraan

Ada alasan mengapa foto Kate dan William berciuman hanya terjadi pada hari pernikahan mereka di balkon Istana Buckingham.

Apakah ini artinya foto pertunangan Meghan dan Harry menjadi kali terakhir kita melihat mereka dekat dan intim

? Menurut pakar etiket kerajaan Myka Meier, tidak ada protokol resmi yang melarang anggota kerajaan bermesraan di hadapan publik, meski orang-orang lain memang tidak mengumbarnya.


Kata Meier, "Ketika Meghan dan Pangeran Harry berpegangan tangan saat pertunangan, itu memperlihatkan pendekatan modern atas status mereka sebagai pasangan dan perwakilan anggota kerajaan."





6. Memberi suara
Meghan, yang akan menjadi warga negara Inggris setelah menikah, tidak akan bisa memberi suara dalam pemilihan di Inggris. 


7. Mengenakan busana seksi seperti dalam foto pertunangan
Meski tidak memperlihatkan belahan dada, tampilan seksi dalam balutan gaun tembus pandang yang dipakainya di foto pertunangan membuat sebagian orang kaget.

Kemungkinan besar gaun itu adalah gaun tembus pandang terakhir yang bisa dipakai Meghan di hadapan publik atau dalam foto-foto resmi.

Dia juga menarik perhatian saat keluar tanpa mengenakan stoking saat dia dan Harry mengumumkan pertunangan mereka.


"Kau tidak pernah melihat seorang anggota kerajaan tidak mengenakan stoking nude," kata pakar kerjaan Victoria Arbiter pada Business Insider.


8. Menghias kuku dengan cat cerah atau gelap


Sesuai peraturan, hanya cat kuku warna alami yang boleh dipakai untuk acara resmi. Ratu Elizabeth adalah konsumen setia warna "Balet Slippers", warna pink muda sejak 1989.



9. Memakai wedges
Aturan ini disebut hanya berlaku ketika ada Ratu Elizabeth. Pada 2015, seorang sumber mengatakan pada Vanity Fair, "Ratu Elizabeth tidak suka sepatu wedges. Dia benar-benar tidak menyukainya dan itu diketahui kalangan perempuan dalam keluarga kerajaan."

Kate Middleton pernah memakai wedges saat tidak ada Ratu Elizabeth dalam acara itu.


10. Menjulurkan lidah

Ada alasan mengapa hanya anak-anak kecil di kerajaan yang terlihat menjulurkan lidah, itu pun jarang terjadi. Meski demikian, Meghan yang sudah beberapa kali melanggar protokol kerajaan pernah terlihat menjulurkan lidah saat berjalan keluar dari gereja saat Natal bersama keluarga kerajaan.


11. Membawa tas berukuran besar

Mengenakan tas berukuran besar sangat praktis karena bisa membawa banyak barang. Tapi, jika Anda seorang keluarga kerjaan, pasti ada orang yang bisa membawakannya kan?

Meski belum jelas apakah membawa tas genggam (clutches) adalah aturan resmi kerajaan, ada alasan bagus mengapa Kate Middleton dan Ratu selalu membawa tas genggam.

Seorang pakar kerajaan menjelaskan pada Daily Mail, "The Duchess of Cambridge mungkin lebih suka tidak menjabat tangan dengan orang tertentu, tapi ada cara lain untuk menghindarinya, seperti dipraktikkan oleh Ratu dan anggota kerajaan lain, yakni memilih dompet genggam ketimbang tas dengan tali panjang.

Selain itu, "Berdasaran protokol Anda tidak boleh menyodorkan tangan untuk bersalaman dengan anggota kerajaan... kecuali mereka duluan yang menyodorkan tangan."


Puteri Diana juga seorang penggemar clutches pada era 80-an dan 90-an, tapi itu tidak berhubungan dengan etiket atau protokol, tapi soal fungsi.

Dia menyebutnya "tas belahan dada", kata perancang Anya Hindmarch, perancang tas-tas favorit Diana. Pada 2009, Hindmarch mengatakan pada Telegraph: "Kami sering tertawa saat merancang apa yang dia sebut 'tas belahan dadanya', clutches kecil dari satin yang dipakai untuk menutupi belahan dada saat keluar dari mobil."



12. Menghadiri Pekan Mode

Jadwal aktivitas sebagai anggota kerajaan tentunya dipenuhi dengan acara-acara resmi sehingga Meghan takkan sempat menghadiri Fashion Week seperti yang sudah-sudah.


13. Duduk di mana pun dia mau

Meghan mungkin bisa duduk di mana saja sesuka hati saat di rumah, tapi ketika bersama anggota kerajaan, ada aturan yang harus diikuti.

Kemungkinan besar dia akan duduk berdampingan dengan Harry, tapi proses memasuki ruangan adalah cerita berbeda. Ada urutan yang jelas, dimulai dari Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, Pangeran Charles, Camilla, Pangeran William, Kate Middleton dan seterusnya.


Dia juga tidak bisa menyilangkan kaki saat duduk. Lagi-lagi, ini bukan aturan resmi, tapi menurut Hello!, menyilangkan kaki saat duduk dianggap tak sopan saat dilakukan perempuan dari kerajaan. Kate biasanya duduk dengan memiringkan kedua kakinya ke satu sisi, Diana juga seperti itu.



14. Tidur duluan sebelum Ratu

Ini berlaku ketika Meghan dan Ratu berada di rumah atau kastil yang sama.



15. Membuka kado pada hari Natal

Tiap tahun, keluarga kerajaan merayakan Natal di Sandringham House atas undangan Ratu Elizabeth. Biasanya, kado dibuka pada malam Natal, diikuti dengan pergi ke gereja pada pagi hari saat Natal.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018