Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia Fictor Roring memuji penampilan para pemain debutan timnas yang berlaga di turnamen uji coba menjelang Asian Games 2018.

Menurut Ito, sapaan Fictor, pemain-pemain debutan di skuatnya yaitu Valentino Wuwungan, Avan Seputra dan Daniel Wenas menampilkan performa yang sangat baik.

"Tino, Avan dan Daniel itu `outstanding` menurut saya. Kontribusi mereka luar biasa," ujar Ito di Jakarta, Senin (12/2).

Dari nama-nama tersebut, Valentino dan Avan yang terus bermain di seluruh laga turnamen tersebut, melawan Timor Leste, India, Thailand dan kembali India di final.

Sementara Daniel Wenas sama sekali tidak bermain di partai kontra India di penyisihan, di mana Indonesia kalah 55-66.

"Saya memang tidak bisa merotasi semua pemain, jadi waktu bermain memang terbatas. Daniel pernah tidak bermain, tetapi ketika turun dia tampil bagus," kata Ito.

Terkait pemain untuk Asian Games 2018, Ito menyebut dirinya membuka peluang untuk semua pemain yang bermain bagus di liga.

"Saya mau pilihannya sebanyak mungkin. Jadi biarlah mereka fokus di klub masing-masing sebelum dipilih siapa saja yang akan masuk ke timnas," tutur dia.

Indonesia berhasil meraih medali emas cabang olahraga basket turnamen uji coba jelang Asian Games 2018 setelah mengalahkan India di final, Senin, dengan skor 78-68.

Kemenangan ini pun menorehkan catatan manis yaitu pertama kalinya tim Merah Putih menaklukkan India sejak Kejuaraan Asia FIBA 2011.

Hasil ini juga menjadi balas dendam Indonesia di turnamen uji coba setelah di pertemuan sebelumnya, Jumat (9/2), Andakara Prastawa dan kawan-kawan takluk 55-66.

Dari pertandingan lainnya, Thailand mengalahkan Timor Leste dengan skor 139-76 dan berhak atas medali perunggu.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018