Jakarta (ANTARA News) - Ratu Maxima dari Belanda menyarankan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan ekosistem keuangan inklusif guna mendukung penerapan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

"Barangkali dari diskusi tadi, saran dia (Ratu Maxima) yang cukup jelas adalah Indonesia perlu mengembangkan ekosistem sehingga basis pasar dari kegiatan ini berjalan dengan baik," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Selasa.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut mengatakan bahwa Ratu Maxima menilai program-program bantuan sosial dari pemerintah yang memanfaatkan rekening perbankan sejauh ini sudah berjalan dengan baik.

"Kalau di bidang pembukaan rekening dengan adanya program-program sosial, dia (Ratu Maxima) bilang sudah berjalan dengan baik," ucapnya.

Darmin berpendapat tingkat keuangan inklusif di Indonesia telah berkembang pesat dilihat dari jumlah rekening yang terbentuk dalam dua tahun terakhir.

"Kita tahu berapa jumlah pembukaan rekening. Namun, kita tidak bisa menambahkannya begitu saja karena harusnya itu hasil survei dari Bank Dunia," ucap Darmin.

Ratu Maxima menemui Darmin untuk membahas mengenai program inklusi keuangan. Istri dari Raja Willem-Alexander tersebut tiba di Kantor Kemenko Perekonomian sekitar pukul 10.20 WIB dan meninggalkan lokasi sekitar pukul 11.10 WIB.

Dalam kunjungannya, Ratu Maxima bertindak sebagai Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Keuangan Inklusif untuk Pembangunan.

Penerapan SNKI yang terpadu di Indonesia untuk mencapai target peningkatan keuangan inklusif dari 36 persen (2014) menjadi 75 persen pada tahun 2019.

Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018