Padang (ANTARA News) - Kopi Solok Radjo menjadi salah satu produk daerah yang memiliki kualitas mumpuni sehingga mampu menembus pasar Amerika Serikat, kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Barat Zirma Yusri.

"Tahun ini kopi jenis Arabika itu akan mulai diekspor ke Amerika Serikat. Pasarnya sudah mulai terbentuk," kata dia di Padang, Selasa.

Pasar untuk produk kopi itu menurut dia terbentuk melalui beberapa pameran yang diikuti di beberapa negara untuk memperkenalkan kopi Solok Radjo ke dunia internasional.

Selain itu ulasan dari Q grader atau penilai kopi, juga sangat membantu pengenalan produk itu pada pecinta kopi.

Zirma mengatakan kopi Solok Radjo memiliki aroma dan rasa yang khas. Ada rasa asam yang segar dan terselip juga rasa manis. Selain itu samar-samar juga tercium harum rempah.

Rasa dan aroma yang khas itu mebuat kopi Solok Radjo makin disukai oleh pecinta kopi, tidak saja di Sumbar tetapi juga di Indonesia bahkan dunia internasional.

Menurut dia pengembangan komoditas unggulan itu diinisiasi oleh anak muda pemilik kebun kopi di Solok, yaitu Alfridiansyah.

Ia membentuk koperasi untuk lebih memudahkan pengelolaan produknya sejak 2014. Saat ini anggotanya sudah ratusan yang sebagian besarnya merupakan petani kopi.

Sekarang kopi itu mulai merambah pasar internasional dan petani kopi di Solok mulai merasakan hasil perjuangannya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018