Kudus, Jawa Tengah (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana mendatangkan 101 bus untuk pada Juni 2018 untuk menambah armada angkutannya.

"Rencananya, pada Juni 2018, ada sebanyak 101 unit bus berjenis low entry yang akan kami datangkan ke Jakarta," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono saat mengunjungi Pabrik Karoseri Nusantara Gemilang di Kudus, Jawa Tengah, Selasa.

Bus-bus itu, menurut dia, akan digunakan untuk mengangkut para atlet, pelatih dan ofisial saat Asian Games 2018 dan sesudahnya baru akan dioperasikan untuk melayani masyarakat umum.

"Ini merupakan pertama kalinya kami menggunakan body full alumunium, sehingga bobot bus jadi lebih ringan dan berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar solar yang lebih hemat," tutur Budi.

Dia menjelaskan bahwa setiap bus bisa menampung 73 penumpang dengan rincian 37 orang berdiri, 34 orang duduk dan dua kursi roda.

"Selain itu, bus-bus tersebut juga dilengkapi dengan layar televisi LCD, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan alat pemecah kaca. Jadi, kami pastikan juga segi keamanannya," demikian Budi Kaliwono.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018