Jakarta (ANTARA News) - Manchester City memetik keunggulan telak atas klub asal Swiss, FC Basel, dengan skor 4-0 pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion St Jakob-Park, Rabu dini hari WIB.

Laga ini menjadi panggung bagi gelandang City asal Jerman, Ilkay Goendogan, yang mencetak dua gol setelah Bernardo Silva dan Sergio Aguero menggenapkan kemenangan The Citizen.

Kendati demikian, City tidak bisa menganggap enteng Basel pada leg kedua hanya karena berbekal keunggulan 4-0. Pada 16 besar musim lalu, keunggulan 4-0 PSG di leg pertama berhasil dibalikkan Barcelona 6-1 pada pertandingan kedua.

Pada pertandingan ini, pasukan Pep Guardiola memimpin 1-0 berkat sundulan Ilkay Guendogan yang berdiri tak terkawal saat menyambut sepak pojok gelandang Belgia Kevin De Bruyne di menit 14.

Skor bertambah menjadi 2-0 saat sepakan voli Bernardo Silva dari umpan silang Raheem Sterling mengantar bola bersarang di pojok gawang Basel yang dijaga Vaclik pada menit 18.

Sebuah umpan terobosan Fernandinho yang diterima Aguero berhasil dikonversi menjadi gol melalui sepakan "first time" keras dari jarak 25 meter yang dilepaskan pria Argentina itu di menit 23.

Aguero juga yang menjadi kreator atas gol kedua Ilkay Gundogan yang tercita pada menit 53.

Basel mencoba bangkit melalui permainan cepat yang diperagakan Elyounoussi dan Stocker, namun pertahanan City masih terlalu tangguh untuk pemain lincah tersebut.

Skor 4-0 bertahan hingga akhir pertandingan dan laga leg kedua akan digelar 8 Maret 2018 di Etihad, demikian Champions League.

Susunan pemain:

Basel:
Vaclik, Lacroix, Xhaka, Suchy, Lang, Frei, Serey Die, Riveros, Elyounoussi, Stocker, Oberlin.
Cadangan: Salvi, Petretta, Zuffi, Van Wolfswinkel, Ajeti, Manzambi, Bua.

City:
Ederson, Walker, Kompany, Otamendi, Delph, Fernandinho, Gundogan, De Bruyne, Sterling, Bernardo, Aguero
Cadangan: Bravo, Danilo, Stones, Laporte, Sane, Silva, Foden.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018