Ambon (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meninjau dua lokasi pelaksanaan program padat karya tunai di Kelurahan Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Rabu.

Pada peninjauan pertama, Presiden didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta Gubernur Maluku Said Assagaff meninjau warga yang melakukan normalisasi sungai di Kelurahan Batumerah.

"Ini programnya Kementerian Desa dan Kementerian PU (Pekerjaan Umum). Ada banyak titik di Ambon," kata Presiden, yang menyempatkan menyapa warga yang sudah menunggunya sejak pagi.

Normalisasi sungai di Batumerah anggaran pengerjaannya Rp296 juta selama 28 sampai 30 hari. Normalisasi sungai ditujukan untuk mencegah banjir datang saat musim hujan.

Warga secara tertulis juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dana desa untuk pembangunan.

Dari tempat normalisasi sungai, Presiden menuju ke Kampung Hatukau, Kelurahan Batumerah, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Di sana, Presiden meninjau pembetonan jalan dan perbaikan rumah.

Program yang dinamai Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencakup pembangunan jalan beton sepanjang 2.590 meter dengan nilai Rp860 juta dan pembangunan saluran drainase sepanjang 350 meter dengan anggaran Rp242 juta. Pengerjaan proyek itu melibatkan 28 sampai 30 orang dan ditargetkan selesai dalam tiga bulan.

Baca juga:
Presiden Jokowi sapa masyarakat Ambon


Pewarta: Joko Susilo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018