... kedua pasangan itu merepresentasikan duet unsur PKB dan PDI Perjuangan...
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik Indonesian Public Institute, Jerry Massie, menilai siapapun pemenang dalam Pilkada Jawa Timur, maka sejatinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan yang akan berkuasa.

Massie, di Jakarta, Rabu, mengatakan, Pilkada Jawa Timur diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawangsa-Emil Dardak serta Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Soekarno. 

Menurut dia, kedua pasangan itu merepresentasikan duet unsur PKB dan PDI Perjuangan.

Meskipun demikian, Massie memperkirakan Gus Ipul dan Puti Soekarno memiliki peluang lebih besar lantaran secara perhitungan kursi partai koalisi, keduanya didukung 58 suara DPRD. Sementara Khofifah-Emil Dardak didukung 42 suara DPRD.

Dia ingatkan, Jawa Timur merupakan daerah dengan pemilih terbesar kedua di Indonesia yakni 30,9 juta, atau berada di bawah Jawa Barat dengan 31,4 juta pemilih. 

Sehingga bila dibandingkan dengan pilkada lainnya di Indonesia maka Jawa Barat, Jawa Timur, termasuk juga Jawa Tengah, memiliki gengsi tersendiri.

"Siapa yang menang di tiga daerah ini bakal berpengaruh pada ajang Pemilu 2019. Jika PKB maupun PDI Perjuangan yang menang maka sama saja, keduanya koalisi di pemerintahan," jelas dia.

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018