Program kemitraan tingkatkan kesejahteraan peternak sapi

Program kemitraan tingkatkan kesejahteraan peternak sapi

Arsip: Peternak memerah susu sapi di Kampung Kancah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (28/1/2018). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Situbondo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berupaya meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi di Kota Santri itu melalui program kemitraan antara perusahaan dan perbankan.

"Kegiatan program kemitraan sebagai upaya pemerintah daerah menyejahterahkan peternak sapi dengan menghadirkan perusahaan yaitu PT Santosa Agrindo (Santori) yang dapat membantu paternak sapi di sini," kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi di Situbondo, Rabu.

Ia menjelaskan, kehadiran PT Santosa Agrindo dan bertemu serta memaparkan pola kerja sama perusahaan dengan kelompok peternak sapi di Situbondo.

Nantinya, katanya, para peternak sapi dapat bekerja sama dengan perusahaan tersebut dengan pola kemitraan. Yang artinya, peternak sapi perorangan maupun kelompok akan mendapatkan modal berbentuk bibit atau sapi bunting dan pedet.

"Jadi, peternak sapi dari perorangan atau kelompok dapat mengajukan agunan ke bank yang sudah ditunjuk guna mendapatkan sapi yang sudah bunting dan pedet," katanya.

Keuntungan bagi peternak sapi, lanjut Yoyok, yaitu ketika ternak sapi sudah layak jual akan langsung dibeli oleh perusahaan. Dan bahkan perusahaan juga akan membiayai perawatan ternak sapi dan diberikan pendampingan cara-cara merawat ternak sapi yang benar.

"Siapapun bisa bekerja sama dengan perusahaan tersebut, yang penting memiliki agunan atau memiliki uang di bank dan diblokir sebagai jaminan," katanya.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar