Gorontalo (ANTARA News) - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengapreasiasi keinginan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo untuk mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia.

"Saya sangat mengapreasiasi hal itu karena kelapa memiliki berbagai khasiat, hal ini perlu didorong," ujarnya, usai panen raya jagung dan pemberian bantuan kepada petani Gorontalo, di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Ia mengungkapkan bahwa pada hari ini pihaknya memberikan bantuan bibit kelapa dalam untuk masyarakat dan petani Gorontalo yang merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo.

"Kita mendorong produksi komoditas strategis, dan ini adalah perintah Presiden dan Wakil Presiden pada rapat kabinet," ujarnya pula.

Amran menjelaskan bahwa pemerintah pusat berusaha mendorong produksi komoditas yang dapat diekspor seperti kelapa, pala, dan cengkih.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo sejak tahun 2017 lalu bertekad mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia.

Bupati Nelson yang juga Ketua Koalisi Nasional Kabupaten Penghasil Kelapa (KPK) memaparkan bahwa industri kelapa pernah berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia sekitar tahun 1920 hingga 1940-an.

Karena itu, melalui Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa yang secara resmi terbentuk pada 27 November 2017 di Gorontalo lalu, dalam temu nasional Kabupaten penghasil kelapa bertekad mengembalikan kejayaan kelapa.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018