Jakarta (ANTARA News) - Liverpool menujukkan karakternya sebagai salah satu tim dengan barisan penyerang paling menakutkan di Eropa saat menghancurkan Porto dengan skor 5-0 pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Dragao, Kamis dini hari WIB.

Seluruh trisula penyerang The Kop antara lain Sadio Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino mencetak gol dengan penampilan puncak Sadio Mane yang menorehkan trigol (hattrick) ke gawang Porto yang dikawal Jose Sa.

Liverpool yang memenangi lima gelar Liga Champions seperti Bayern Muenchen dan Barcelona, memberikan mimpi buruk bagi pasukan tuan rumah saat Sadio Mane mencetak gol pembuka pada menit 25 melalui umpan pendek Georginio Wijnaldum.

Bermula dari tendangan James Milner yang menghantam tiang, Liverpool menggandakan skor dari sepakan Salah yang menyambut bola liar dari sepakan gelandang senior asal Inggris itu.

Barisan pertahanan Porto terlihat tidak memberikan pengawalan ketat kepada Sadio Mane yang berhasil menjebol gawang Porto untuk kedua kalinya dan mengubah skor menjadi 3-0 pada menit 53.

Striker Brasil, Roberto Firmino, ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 69 setelah menyambut umpan Milner yang mengarah tajam ke kotak penalti.

Melalui serangan balik cepat, Liverpool membungkus kemenangan 5-0 atas Porto lewat gol penutup yang dilesakkan Sadio Mane dari luar kotak penalti pada menit 85.

Porto yang sempat mengancam hanya pada awal pertandingan, seolah "tertidur" di babak kedua karena tidak memiliki peluang-peluang matang. Hasil ini membuat Porto kesulitan untuk lolos dari 16 besar karena selisih lima gol.

Catatan membalikkan kedudukan terbaik dipegang Barcelona saat tertinggal 0-4 dari PSG, namun lolos ke babak berikutnya berkat kemenangan 6-1 di leg kedua.

Adapun pertandingan kedua 16 besar akan digelar di Anfield pada 7 Maret 2018.

(Baca: Firmino bertekad bikin Porto "menderita")

Susunan pemain:

Porto:
Jose Sa, Ricardo, Reyes, Marcano, Alex Telles, Herrera, Sergio Oliveira, Otavio, Brahimi, Marega, Soares
Cadangan: Casillas, Maxi Pereira, Osorio, Oliver, Corona, Waris, Goncalo Paciencia

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson, Milner, Henderson, Wijnaldum, Mane, Salah, Firmino
Cadangan: Mignolet, Matip, Moreno, Gomez, Lallana, Oxlade-Chamberlain, Ings.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018