Jakarta (ANTARA News) Sebanyak 17 narapidana yang beragama Kong Hu Chu mendapat pengurangan masa pidana atau Remisi Khusus (RK) Hari Raya Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2).

Para narapidana yang mendapat RK berasal dari Kalimantan Barat sebanyak lima orang, DKI Jakarta dan Bangka Belitung masing-masing dua orang, sisanya berasal dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali masing-masing satu orang.

"Sebanyak 13 narapidana mendapat remisi satu bulan, tiga narapidana mendapatkan remisi 15 hari, dan satu naapidana mendapat remisi satu bulan 15 hari," kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami di Jakarta, Kamis.

Saat ini, dari total 235.114 narapidana dan tahanan di seluruh Indonesia, jumlah warga binaan pemasyarakatan yang beragama Kong Hu Chu berjumlah 60 orang.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,Kemenkumham Harun Sulianto, menjelaskan narapidana yang mendapat remisi harus telah menjalani pidana paling sedikit enam bulan, berkelakuan baik, dan menjadi saksi pelaku yang bekerja sama atau menjadi justice collabolator untuk tindak pidana korupsi dan narkotika yang dihukum lima tahun atau lebih

"RK Hari Raya Imlek diberikan layaknya peringatan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri untuk yang beragama Islam, Natal untuk beragama Kristen dan Katolik, Nyepi untuk yang beragama Hindu, dan Waisak untuk yang beragama Budha," kata Harun.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018