Reza Rahadian sulit temukan suara Benyamin

Reza Rahadian sulit temukan suara Benyamin

Aktor Reza Rahadian saat berkunjung ke kantor ANTARA, di Jakarta, Kamis (1/2), (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta (ANTARA News) - Aktor Reza Rahadian dipercaya memerankan Pengki, yang pernah dimainkan oleh budayawan Betawi, Benyamin Sueb, dalam film Benyamin Biang Kerok yang akan tayang Maret mendatang.

Mendapat kepercayaan untuk memerankan sosok yang dipopulerkan sosok besar Benyamin, Reza kesulitan untuk menemukan karakter suara yang pas untuk menjadi Pengki.

"Kesulitan terbesar yaitu mencari karakter suara yang bisa mengingatkan kembali ke sosok Pengki yang diperankan Benyamin," kata Reza saat di acara bincang-bincang di Festival Benyamin di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu.

Selama satu bulan, ia berusaha menemukan gaya tubuh dan gelak tawa yang mengingatkan kembali penonton ke sosok itu. 


Selain menjadi penyanyi gambang kromong, pemain lenong Betawi dan pemain film, Benyamin justru mengawali karir seni dan budayanya dengan menjadi penyanyi lagu-lagu pop Indonesia dan barat, dan kemudian dia pernah bernyanyi bersama biduwan ternama saat itu, di antaranya Bob Tutupoli dan Kris Biantoro.

Ia mengingatkan, dalam film ini, ia tidak berperan menjadi Benyamin Sueb melainkan memerankan kembali karakter yang pernah dipopulerkan sang budayawan Betawi itu.

Saat pertama kali ditawarkan bermain dalam Benyamin Biang Kerok, ia pun sempat mengira akan menjadin Benyamin dalam film biopik. "Film ini untuk mengangkat kembali nama Benyamin," kata Reza.


Ia menyebut Babeh, panggilan lain untuk Benyamin Sueb selain Bang Ben, sebagai sosok yang tidak tergantikan karena semasa hidupnya terus berjuang untuk menjaga kebudayaan Betawi.

"Budaya Betawi bisa diwakilkan sosok seorang Benyamin," kata Reza dalam acara tersebut.

Selain Reza Rahadian, film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini juga akan dibintangi pendatang baru, Delia Husein, serta aktor dan aktris lain, di antaranya Rano Karno dan Meriam Bellina.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar