Cianjur (ANTARA News) - Sebagian besar pengguna jalan alternatif Jonggol-Cianjur, Jawa Barat, mengeluhkan minimnya lampu penerangan jalan di sepanjang jalur tersebut yang saat ini ramai dilalui kendaraan.

Minimnya lampu penerang jalan membuat Polsek Cikalongkulon, lebih meningkatkan patroli guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang volumenya meningkat sejak ditutupnya Jalur Puncak-Bogor akibat longsor.

Kapolsek Cikalongkulon, AKP H Toha pada wartawan Minggu, mengatakan, sudah 10 hari pos pengamanan Puncak Pinus disiagakan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan untuk penguna jalur alternatif yang meningkat tajam.

Setiap hari, pihaknya mendapat banyak laporan kendaraan besar yang mati mesin atau mogok karena tidak kuat menanjak dan minimnya lampu penerangan di sepanjang jalur tersebut, sehingga pengemudi kesulitan melakukan penanganan.

"Sejak jalur Puncak-Bogor ditutup, Jalur Cikalongkulon-Jongol banyak dilalui kendaraan karena jalur alternatif terdekat menuju Bogor dan seterusnya dari Cianjur. Kami menyiagakan delapan personel gabungan di pos tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, sejak ditutupnya Jalur Puncak-Bogor, volume kendaraan yang melintas di alur tersebut meningkat tajam, terlebih ketika libur panjang akhir pekan, sehingga pihaknya menyiagakan anggota 24 jam sesuai perintah Kapolres Cianjur.

"Tugas lain dari petugas yang siaga di pos untuk membantu mengatur arus lalu lintas juga untuk membantu meminimalisir terjadinya kriminalitas dan kecelakaan karena ketika malam jalur ini minim penerangan," katanya.

Sementara Kapolsek Sukaresmi, AKP Said Azhari mengatakan, jalur Sukaresmi-Mariwati tembus Cikalongkulon-Jongggol, saat ini sudah layak dilalui kendaraan sebagai jalur alternatif bagi pengendara yang terjebak di Jalur Puncak-Cipanas.

Namun selama ini, ungkap dia, jarang pengguna jalan dari arah Jonggol yang melintas di jalur tersebut karena pengendara dengan tujuan Cipanas dapat memotong jalan melalui Sukamakmur-Jonggol," katanya.

"Meskipun jarang dilalui kendaraan, kami sudah menyiagakan sejumlah pos polisi di sepanjang jalur alternatif yang berbatasan dengan Resort Cikalongkulon itu, untuk mengatur arus lalu lintas dan memberikan rasa aman dan nyaman," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018