Aplikasi ini bikin pria lebih macho, namun banyak dikritik

Aplikasi ini bikin pria lebih macho, namun banyak dikritik

Ilustrasi

Jakarta (ANTARA News) - Ada deretan aplikasi foto yang membuat tampilan Anda sempurna saat swafoto. Bagi kaum hawa, ada aplikasi kamera yang membuat kulit lebih mulus dengan tambahan make up digital.

Kini hadir juga sebuah aplikasi yang ditujukan bagi kaum Adam, Manly. Penggunanya bisa mengedit foto mereka agar terlibat lebih "jantan". Aplikasi berbayar ini memungkinkan pengguna menonjolkan bagian tubuh mereka, membuat otot-otot terlihat lebih sempurna.

Pengguna juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, memilih sejumlah model rambut, janggut hingga tato untuk ditambahkan ke dalam foto.

Tak hanya itu, aksesoris sampai lensa kontak berwarna juga bisa diubah-ubah, semuanya tergantung dari kreativitas pengguna.

Meski demikian, para aktivis mengkritik aplikasi ini karena mempromosikan tubuh yang tidak realistis dan merusak standar ideal tubuh seorang pria.

"Banyak orang berpikir masalah tubuh hanya berpengaruh pada perempuan, tapi kami banyak melihat peningkatan jumlah pria yang mencoba memiliki tubuh ideal yang sering dilihat di media dan iklan, tubuh berotot kekar," kata Denise Hatton, co-founder Be Real Campaign pada Independent.

"Aplikasi seperti Manly membuat anggapan bahwa untuk dianggap sebagai pria menarik, kamu harus terlihat sesuai standar tertentu," katanya.

Manly sudah tersedia di App Store tahun lalu, namun baru menarik perhatian akhir-akhir ini karena kampanye yang meluas di media sosial.

Ulasan aplikasi ini di App Store juga kebanyakan negatif, orang-orang yang melihat iklan tersebut di media sosial menyuarakan kekhawatirannya untuk menurunkan iklan tersebut.

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar