Jakarta (ANTARA News) - Elektabiltas PDI Perjuangan yang tinggi di antara partai politik lain menurut survei Poltracking Indonesia karena partai ini memiliki dua figur yang menonjol yakni Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo, kata  politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait.

"PDI Perjuangan sangat beruntung memiliki kedua figur ini, yakni Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo, sehingga menjadi partai yang dicintai oleh rakyat," kata Maruarar dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Sebelumnya Minggu (18/2), menurut  survei Poltracking Indonesia, elektabilitas PDIP mencapai 23,4 persen.

Menurut Maruarar, figur Megawati Sukarnoputri memiliki magnet untuk mempersatukan internal partai, sehingga PDI Perjuangan menjadi solid. Sementara itu, figur Jokowi menjadi magnet elektoral bagi PDI Perjuangan melalui kerja nyata yang dilakukan.

"Kedua figur inilah yang menjadikan PDI Perjuangan semakin dicintai rakyat. Hal tersebut dapat terlihat dari sejumlah lembaga survei yang menempatkan PDI Perjuangan dengan elektabilitas tertinggi. Hal tersebut juga semakin diperkuat oleh hasil survei Poltracking yang masih menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai tertinggi secara elektabilitas," jelasnya.

Lebih lanjut Ketua Taruna Merah Putih ini optismis PDI Perjuangan akan kembali menjadi pemenang dalam Pilpres 2019 nanti.

"PDI Perjuangan akan membuat sejarah. Sebab pasca-reformasi tidak ada partai politik yang bisa menjadi pemenang secara berturut-turut," ujarnya.

Baca juga: Jokowi, Prabowo capres terkuat 2019, elektabilitas tertinggi tetap Jokowi



Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018