Jakarta (ANTARA News) - Bagi para pekerja yang mengandalkan transportasi umum seperti kereta dan bus untuk menuju kantor, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mencari tas yang tepat untuk kegiatan sehari-hari.

Pemilihan tas sebaiknya dilakukan berdasarkan fungsi sesuai dengan kebutuhan, selain efek kerennya terhadap penampilan tentunya.

Dieng Sasongko, Marketing Communication Bodypack, menyampaikan beberapa kiat mencari tas yang tepat untuk ke kantor dalam kampanye Raise the City di Jakarta beberapa waktu lalu. 

1. Pilih tas dengan beberapa kompartemen

Pekerja biasanya membawa beberapa barang terkait pekerjaan seperti laptop dan berkas-berkas penting selain perlengkapan pribadi seperti gawai dan charger, power bank dan alat tulis. Untuk itu Dieng menyarankan untuk memilih tas dengan kompartemen-kompartemen khusus.

"Cari tas dengan kompartemen khusus untuk berkas, laptop dan perintilan lain seperti gadget," katanya.

2. Tas dengan bahan berkualitas

Bahan berkualitas akan menjamin ketahanan tas. Semakin berkualitas bahan, biasanya akan semakin tahan lama meski sering digunakan untuk membawa beban berat dalam berbagai cuaca.

3. Tas dengan desain ergonomis

Pekerja sering kali harus menghabiskan waktu berjam-jam di kendaraan umum selama perjalanan dari rumah ke kantor atau sebaliknya. Tas yang didesain sesuai dengan bentuk tubuh akan nyaman digunakan meski dipakai selama berjam-jam. 

4. Sesuaikan dengan ukuran tubuh

Sama dengan baju atau sepatu, memilih tas juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh. Mereka yang bertubuh mungil bakal "tenggelam" bila memakai tas yang terlalu besar. Selain kurang enak dilihat, menggendong tas yang tidak sesuai ukuran tubuh juga bakal menimbulkan ketidaknyamanan. 

5. Berbahan anti-air dan dilengkapi pelindung dari hujan

Untuk menghadapi musim hujan, ada baiknya mencari tas yang dilengkapi dengan pelindung dari hujan, atau mencari sendiri pelindung dari hujan yang sesuai ukuran tas agar barang-barang penting di dalam tas tidak basah kuyup saat harus menembus hujan. Agar perlindungan lebih maksimal, pilih bahan yang anti-air supaya barang-barang tetap aman dari rembesan air.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018