China klaim pimpin permohonan paten di dunia

China klaim pimpin permohonan paten di dunia

Ilustrasi sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual. Foto menunjukkan hal yang terjadi di Tanah Air. (ANTARA FOTO/Eric Ireng)

Beijing (ANTARA News) - China telah menjadi pemimpin dunia dalam hal permohonan paten untuk penemuan selama tujuh tahun berturut-turut, kata Wan Gang, presiden Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China. 

Cina daratan memegang sekitar 1,36 juta paten untuk penemuan pada akhir 2017, yang berarti rata-rata 9,8 paten untuk penemuan per 10.000 orang, menurut Kantor Kekayaan Intelektual Negara (SIPO).

"Kami perlu meningkatkan perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual (IPR) dalam upaya untuk mempromosikan inovasi dan memperbaiki lingkungan bisnis," kata Shen Changyu, direktur SIPO.

Diketahui, China memiliki sistem nasional untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual. "Masukan China pada penelitian dan pengembangan naik ke level tertinggi kedua di dunia pada 2017," kata Wan.

Ia menambahkan, jumlah tenaga ahli penelitian dan pengembangan penuh waktu di China sekarang menempati urutan tertinggi di dunia.

Penerjemah: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemerintah optimalkan kekayaan intelektual menjadi pendapatan negara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar