Jakarta (ANTARA News) - Kapal Pesiar MV Silver Discoverer menjadi kapal pesiar pertama yang sandar di Pelabuhan Belawan pada tahun 2018. Sebelumnya kapal pesiar ini sudah beberapa kali pernah mengunjungi Pelabuhan Belawan pada tahun 2017. 

Siaran pers Pelindo 1 menyebutkan, kapal pesiar berbendera Bahamas, MV Silver Discoverer ini sandar di Terminal Penumpang Bandar Deli, pada Minggu 18 Februari 2018 pukul 15.30 WIB. 

Kapal pesiar yang berlayar dari Thailand ini membawa sebanyak 74 orang wisatawan mancanegara (wisman) yang berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Brazil, Meksiko, Argentina, Peru, Eropa, Selandia Baru, dan Australia. Para wisatawan ini mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Sumatera Utara khususnya Bukit Lawang/Bahorok.
Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1 menyatakan dalam menerima penumpang baik lokal maupun mancanegara, Pelindo 1 telah menyediakan fasilitas dermaga dan terminal penumpang yang nyaman yang dilengkapi berbagai macam fasilitas penunjang, agar dapat mempermudah aksesibilitas wisatawan mancanegara menuju destinasi-destinasi wisata menarik di Sumatera Utara. 

"Pelindo 1 berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam melayani jasa kepelabuhanan dan juga mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia, khususnya Danau Toba yang masuk dalam 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2016," jelas Fiona.

"Pelindo 1 terus berupaya untuk mengembangkan pelabuhan berbasis wisata, terutama pada Pelabuhan Belawan karena Pelabuhan Belawan merupakan pintu masuk bagi wisatawan mancanegara yang akan berlibur ke Sumatera Utara yang memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi," terang Fiona.  

Fiona menambahkan kunjungan ini merupakan kunjungan rutin yang dilakukan oleh kapal cruise di Pelabuhan Belawan yang termasuk dalam salah satu dari lima Pelabuhan utama di Indonesia yang bisa disinggahi kapal pesiar selain Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan Makassar. 

Kunjungan cruise ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mendukung cruise berkembang di Indonesia sebagai Negara Maritim.

Selanjutnya kapal tersebut berangkat meninggalkan Terminal Penumpang Bandar Deli pada Senin, 19 Februari 2018 pukul 17.00 WIB menuju Pelabuhan Thailand.

Pewarta: -
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018