Lhoksukon, Aceh, (ANTARA News) - Debu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara, telah berimbas ke sejumlah daerah di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, Provinsi Aceh, menyebabkan sejumlah warga khawatir terhadap efek bagi kesehatan.

Seorang warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Teungku Munadi Senin malam mengatakan, bahwa debu vulkanik mulai terlihat di wilayah tersebut sejak sekitar pukul 20.00 WIB.

"Kami meyakini apa yang jatuh ke atap bangunan, pohon-pohon, sepeda motor dan mobil ini adalah abu vulkanik. Bentuknya bintik-bintik kecil dan bewarna abu-abu. Meski demikian, jarak pandang di jalan-jalan masih normal dan tidak terjadi kabut," kata Tengku Munadi.

Dikatakan, warga mulai khawatir akan efek bagi kesehatan akibat debu vulkanik itu. Meski demikian, pihaknya mengaku tidak tahu dampak apa yang ditimbulkan bagi kesehatan jika terhirup abu vulkanik.

Hal serupa dibenarkan Samsul Jalil, seorang warga lainnya di Kecamatan Madat, Aceh Timur. Menurutnya, debu vulkanik juga telah berimbas ke daerah tersebut. Ini dapat dilihat dari atap bangunan, pepohonan dan mobil.

Beberapa warga di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, terlihat membagi-bagikan masker di persimpangan pusat Kota Pantonlabu. Menurut mereka, masker ini dibagikan atas inisiatif pihaknya.

"Kami membagikan masker ini atas inisiatif pribadi, kebetulan ada rezeki sedikit kita beli masker lalu kita bagi-bagikan. Berhubung stok terbatas, maka pembagian ini hanya sebentar dilakukan," kata Abdul Rafar.

Menurutnya, pembagian masker di kawasan tersebut hanya untuk membantu masyarakat pengguna jalan yang sedang beraktivitas agar tidak terhirup debu dari erupsi Gunung Sinabung yang melutus sejak Senin pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Munawar membenarkan bahwa erupsi Gunung Sinabung telah berimbas ke daerah itu. Sebagai bentuk antisipasi dini, pihaknya menganjurkan warga untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Abu vulkanik ini mulai meluas ke Aceh Utara akibat dari embusan angin. Untuk saat ini belum parah, meski demikian kita imbau agar masyarakat untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah," sebutnya.

Baca juga: Dampak erupsi Gunung Sinabung, polisi Lhokseumawe bagikan masker

Baca juga: Abu vulkanis Gunung Sinabung capai kota Lhokseumawe

Baca juga: Gunung Sinabung meletus

Pewarta: Mukhlis
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018