Mexico City, (ANTARA News) - Gempa susulan dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter membangunkan warga Mexico City, yang sedang tidur, dan membuat mereka berlarian ke luar rumah pada Senin dini hari (19/2).

Gempa susulan tersebut adalah yang paling kuat dari sebanyak 2.140 gempa susulan dengan bermacam kekuatan yang telah mengguncang Meksiko Selatan-Tengah sejak gempa dengan kekuatan 7,2 pada Skala Richter pada Jumat (16/2).

Gempa susulan dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter, yang mengguncang cuma beberapa menit sebelah pukul 01.00 waktu setempat, membuat sistem peringatan dini di seluruh Mexico City, demikian laporan Xinhua. Gempa susulan itu juga membuat warga di lantai dasar keluar dari rumah mereka dan berlarian ke jalan.

Seperti gempa utama pada Jumat, pusat gempa susulan berada di lepas pantai Negara Bagian Oaxaca di Meksiko Selatan, tapi gelombang seismik dirasakan di sebanyak delapan negara bagian, meskipun tak ada laporan mengenai korban tewas atau kerusakan.

Wilayah Meksiko Selatan-Tengah, termasuk di Ibu Kotanya, Mexico City, masih belum pulih akibat dua gempa kuat yang mengguncang dengan selang waktu sekitar dua pekan pada September, sehingga membuat banyak gedung runtuh dan menewaskan lebih dari 300 orang.

Meksiko berada di atas lima lempeng tektonik yang berbeda, Lempeng Pasifik, Rivera, Cocos, Amerika Utara dan Karibia, sehingga membuatnya jadi sangat rentan terhadap gempa.

(Uu.C003)

Pewarta: -
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018