Liga Champions - Prediksi Chelsea vs Barcelona

Liga Champions - Prediksi Chelsea vs Barcelona

Lionel Messi merayakan gol hasil penalti yang membawa klub Barcelona FC mengalahkan tuan rumah Real Madrid, 3-0, dalam laga klasik (el classico) di Liga Spanyol, di Kota Madrid, Spanyol, Sabtu (23/12/2017). (twitter.com/fcbarcelona)

 London (ANTARA News) - Megabintang Barcelona Lionel Messi tidak mencetak gol dalam delapan laga melawan Chelsea. Ini salah satu catatan kunci yang digunakan oleh manajer The Blues Antonio Conte dalam meracik taktik untuk membatasi pergerakan serba eksplosif pemain berjuluk La Pulga itu.

Statistik lain mencatat bahwa kedua tim telah melakoni laga sebanyak 12 pertandingan, dengan menorehkan hasil Chelsea membukukan empat kemenangan, lima hasil imbang; sementara Barca mengemas tiga kemenangan. Ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat duel ini sarat perseteruan untuk meraih kemenangan.

Chelsea siap menjamu Barcelona dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Stadion Stamford Bridge, London, pada Rabu waktu setempat, atau Selasa dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Chelsea dikenal sebagai salah satu tim yang memiliki lini pertahanan kokoh di atmosfer Liga Inggris. Hasil positif dari laga di Stamford Bridge boleh jadi memicu dan memacu semangat The Blues dalam melakoni liga domestik.

Sejak dibesut pelatih Ernesto Valverde, terang benderang bahwa penampilan Barcelona kian menunjukkan grafik peningkatan. Messi dan kawan-kawan menunjukkan gaya bermain yang efektif dan efisien di segala lini.

Hanya saja, Barcelona cenderung terlalu mengandalkan kiprah Messi. Faktor inilah yang siap dibidik oleh Chelsea. Conte siap membungkam pergerakan pemain asal Argentina itu, kemudian membuat serangkaian taktik mujarab dengan menyerang secara cepat dan melancarkan penguasaan bola yang dominan.

Komentar manajer:

* Antonio Conte (Chelsea):

"Kami mengawali laga ini sebagai tim underdog. Untuk itu, kami harus bertarung penuh semangat, dan pada saat bersamaan kami mempunyai ambisi meraih hasil positif ketika bertanding di kandang."

"Kami tahu gaya permainan Barcelona. Mereka mengandalkan penguasaan bola dan mendominasi pertandingan. Untuk itu kami harus menyiapkan diri saat tidak menguasai bola. Kami harus tampil kompak, tampil penuh kepercayaa diri."

"Saat menguasai bola, kami harus tahu apa yang harus dibuat. Ini semua sudah kami rancang dan praktekkan selama latihan."

* Ernesto Valverde (Barcelona):
"Chelsea punya gaya bermain tersendiri. Mereka tampil umumnya seperti tim-tim yang berlaga di Liga Inggris. Kami harus berkosentrasi penuh manakala menghadapi juara Liga Inggris ini."

"Pertandingan baka berlangsung seru, karena pertandingan ini demikian penting. Untuk itu kami berusaha menyiapkan diri sebaik mungkin. Ada sedikit aroma rivalitas antara kedua tim. Pertandingan nanti bakal berlangsung sengit, karena itu kami siap melawan mereka."

Prakiraan susunan pemain:

* Chelsea (3-5-1-1):

Courtois (penjaga gawang); Azpilicueta, Christensen, Cahill; Moses, Kanté, Fàbregas, Alonso; Hazard, Pedro; Morata

Pemain absen: Barkley (cedera hamstring), David Luiz (tidak dijelaskan), Bakayoko (tidak dijelaskan)
Tambahan pemain: Barkley, Giroud, Emerson


* Barcelona (4-4-2):
Ter Stegen (penjaga gawang); Sergi Roberto, Piqué, Umtiti, Jordi Alba; Busquets, Paulinho, Rakitić; Iniesta, Messi, Suárez

Pemain absen: Semedo (terkena suspensi), Vermaelen (masalah otot)
Tambahan pemain: Arnaiz, Costas, Mina

Pertemuan terakhir kedua tim:

24/04/2012  Barcelona 2-2 Chelsea (Liga Champions)
18/04/2012  Chelsea 1-0 Barcelona (Liga Champions)

Data dan fakta (Whoscore):

Chelsea:

* Manajer The Blues Antonio Conte siap memanggil dan memasang Alvaro Morata dalan starting XI setelah pemain ini benar-benar pulih dan bugar. Ia siap berduet dengan Olivier Giroud.
* Conte juga menyiapkan Marcos Alonso menghadapi Barcelona setelah pemain ini absen dalam tiga laga.
* Gary Cahill dan Antonio Rudiger berebut menempati posisi lini pertahanan dalam formasi tiga bek.
* David Luiz dan Ross Barkley diragukan tampil dalam laga melawan Barcelona, meski keduanya fit.

 Barcelona:
* Philippe Coutinho siap memperkuat Barcelona setelah mengukir penampilan menawan bersama Liverpool.
* Ousmane Dembélé cukup fit untuk bermain di London. Ia siap bersaing dengan Paulinho untuk menempati sayap kanan.
* Thomas Vermaelen berangkat bersama tim meski ia masih menderita cedera, sedangkan Nelson Semedo masih menjalani masa suspensi.


Match Facts:
* Chelsea mengukir lima hasil imbang dalam enam pertandingan terakhir melawan Barcelona di seluruh kompetisi.
* Barcelona mencatatkan clean sheet sebanyak enam kali dalam tujuh laga terakhir di ajang Liga Champions.
* Catatan gol Barcelona rata-rata mencapai di bawah 2,5 dalam tiga pertanadingan terakhir di ajang Liga Champions.
* Barcelona tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir di ajang Liga Champions.
 
Prediksi Man of the Match:
1.Lionel Messi (47,62 persen)
2.Eden Hazard (42,86 persen)
3.Luis Suárez (4,76 persen)
4.Gary Cahill (1,59 persen)
5.Marcos Alonso (1,59 persen)

Prediksi jalannya pertandingan:

* Setelah menelan tiga kekalahan dalam empat pertandingan, Chelsea mengemas kemenangan dalam dua laga terakhir dengan agregat skor 7-0. Agresivitas The Blues dalam mencetak gol perlu diwaspadai lini pertahanan Barcelona.

* The Blues mencatatkan dua kekalahan dari 16 laga kandang manakala melawan tim-tim asal Spanyol. Dukungan penuh publik Stamford Bridge teramat berperan dalam menyemangati tim. Untuk itu, Barcelona dituntut tampil penuh percaya diri dan tidak membuat kesalahan sekecil apapun di lini pertahanan.

* Barcelona menjadi kandidat juara Liga Spanyol musim ini. Pasukan asuhan Ernesto Valverde ini membukukan sebanyak empat kali clean sheet dalam lima laga terakhir. Ini memotivasi lini serang Chelsea untuk membobol gawang Barcelona.

* Lionel Messi belum pernah mencetak gol manakala melawan Chelsea (dalam delapan pertandingan). Catatan negatif bagi La Pulga ketika menghadapi tim-tim asal Liga Inggris.

Prediksi skor pertandingan:

* Chelsea: 2
* Barcelona: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar