Tangerang (ANTARA News) - Kegiatan "Job Fair" yang diselenggarakan di tingkat kecamatan hingga adanya aplikasi pencari kerja yang dibuat Pemerintah Kota Tangerang, Banten, telah membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan menurunkan jumlah pengangguran di kota setempat.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah di Tangerang Selasa mengatakan, job fair di setiap kecamatan yang sudah dilaksanakan sejak dua tahun lalu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan warga dalam mendapatkan informasi pekerjaan.

Misalnya saja yang dilakukan pada hari ini di Kecamatan Jatiuwung. Animo masyarakat sangat begitu tinggi dan menandakan kebutuhan masyarakat sangat besar. Maka itu, selanjutnya akan dilaksanakan di kecamatan lainnya.

Dengan tersebarnya kegiatan ke tingkat kecamatan, maka para pencari kerja bisa datang langsung untuk menyesuaikan jenis pekerjaan yang diinginkan. Dinas Ketenagakerjaan pun membuka layanan pembuatan kartu kuning yang merupakan salah satu syarat dalam melamar kerja.

Kemudahan lainnya, perusahaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut pun membuka langsung layanan wawancara kepada pencari kerja. Sehingga, bukan hanya sekedar menaruh berkas lamaran saja. "Jadi, pencari kerja memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Dikatakannya, animo masyarakat yang datang ke acara Job Fair memang begitu besar. Termasuk juga ada pencari kerja dari luar daerah yang datang untuk mencoba peruntungan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan berbagai program lainnya untuk membantu masyarakat dalam kemudahan mendapatkan pekerjaan.

Misalnya saja perangkat website yang memuat info lowongan kerja secara online dan bisa diakses masyarakat kapan saja dengan cukup mengakses website disnaker.tangerangkota.go.id.

Ada banyak info lowongan pekerjaan yang tersedia, mulai dari tenaga medis, sopir, bidang perhotelan dan rumah makan, mekanik, IT hingga guru. Setiap info lowongan pekerjaan yang tersaji akan menampilkan masa tenggang pengumuman. Sehingga warga bisa memanfaatkan waktu untuk mengirimkan lamaran pekerjaan atau datang secara langsung. Sebab syarat yang dibutuhkan pun terlampir.

Khusus bagi masyarakat dengan KTP Kota Tangerang, bisa mengirim lamaran secara langsung karena telah disediakan kanal khusus yang terkoneksi dengan database kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kemudian, ada juga papan informasi di kantor Dinas Ketenagakerjaan yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Cikokol, Tangerang.

Para pencari kerja bisa datang ke lantai 4 kantor Dinas Ketenagakerjaan dan nantinya akan tersedia papan info lowongan kerja. Jenis pekerjaan yang disediakan pun berbagai macam dan jumlahnya terus berubah.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018