Korut batalkan pertemuan rahasia dengan Wapres AS

Korut batalkan pertemuan rahasia dengan Wapres AS

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. (REUTERS/ Kiyoshi Ota/Pool)

Washington (ANTARA News) - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence dan para pejabat Korea Utara telah merencanakan pertemuan diam-diam selama Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan, tetapi Pyongyang membatalkan pertemuan tersebut setelah Pence mengecam serangkaian pelanggaran yang dilakukan Korea Utara menurut para pejabat AS pada Selasa waktu setempat.

"Selama kunjungan Wakil Presiden ke Korea Selatan baru-baru ini untuk menunjukkan tekad sekutu dan mendukung para atlet Amerika, kemungkinan sebuah pertemuan singkat muncul dengan para pemimpin delegasi Korea Utara," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

Ia menyatakan bahwa saat itu "Wakil Presiden siap mengambil kesempatan ini untuk membujuk Korea Utara meninggalkan program rudal balistik dan nuklirnya yang ilegal."

"Pada saat-saat terakhir, para pejabat Korea Utara memutuskan untuk tidak melakukan pertemuan. Kami menyesalkan kegagalan mereka memanfaatkan kesempatan ini," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.(hs)

Baca juga:
Saat kepala negara Korea Selatan dan Utara bertemu
Korut ogah temui AS di Pyeongchang

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar