Jakarta (ANTARA News) - Aktris Natasha Rizki memiliki stretegi khusus agar tak lagi mengalami kegundahan kala dirinya belum mampu memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi atau produksi ASI bermasalah.

"Kita harus pintar memilih teman, lingkungan. Kalau merasa stres saat tidak bisa menyusui, atau ASI tak keluar sebaiknua jangan berteman dengan mereka yang suka sekali memposting prestasi bisa memproduksi ASI atau ASI melimpah di media sosial. Bertemanlah dengan mereka yang mau membangun kita agar lebih baik," kata dia di Jakarta, Rabu.

Istri presenter Desta itu paham betul rasa gundah dan kecewanya saat produksi ASI belum memenuhi atau bahkan tak memenuhi kebutuhan anak. Rasa gundah yang kerap berujung stres semakin berat kala melihat unggahan "pamer" rekan-rekan di media sosial yang juga sedang menyusui.

"Aku ingat, waktu itu Nycta Gina sempat bilang susah mengeluarkan ASI. Akhirnya aku bilang, jangan berteman dengan orang yang suka menjatuhkan. Dulu untung aku enggak menyerah. Hargailah ibu-ibu yang belum bisa sebagus itu memberikan ASI," tutur Natasha.

Dia mengaku pernah mengalami masalah saat menyusui saat merawat anak pertamanya. Saat itu, produksi ASI nya sangat minim.

"Sejujurnya waktu aku punya anak satu, aku pesimis bisa menyusui. ASI aku hanya 10 ml setiap mompa. Sampai aku nyerah," ujar dia.

Berutung, sang suami, Desta ikut membantunya yakin kalau dia bisa menyusui anaknya. 

Desta, kata Natasha, berperan penting membuat dirinya nyaman. Karena dukungan ini, Natasha mengaku bisa memberikan ASI pada kedua anaknya. 

"Aku bisa menyusui anakku yang pertama 1,5 tahun, yang kedua 1 tahun," kata dia. 


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018