Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero), berkomitmen untuk pencapaian nihil kecelakaan (zero accident) dalam aktivitas operasi dan produksi migas dengan mengutamakan aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan (HSSE).

"Zero accident merupakan komitmen bersama. Karena itu, aspek HSSE menjadi landasan bagi semua pekerja Pertamina EP," kata Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, di Jakarta, Rabu, terkait peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional.

Menurut Nanang, HSSE bukan hanya slogan tapi harus ditanamkan pada setiap orang yang terlibat dalam kegiatan usaha migas sehingga dapat tumbuh menjadi budaya. Apalagi industri hulu migas adalah industri yang sangat berisiko tinggi, baik risiko investasi maupun risiko operasional.

"Karena itu, penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 sudah menjadi kewajiban melekat yang harus dipenuhi oleh industri hulu migas agar selalu berkelanjutan," katanya.

Komitmen Pertamina EP yang menjunjung tinggi komitmen zero accident pada aspek HSSE kegiatan operasi produksi terbukti dari sejumlah penghargaan yang diraih perusahaan.

Sepanjang 2017, misalnya, Pertamina EP menyabet sejumlah penghargaan, antara lain dua Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas yang diraih Field Rantau dan Field Tarakan serta 12 Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pertamina EP juga meraih Penghargan Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha atas capaian Jam Kerja Selamat dari Kementerian ESDM dan dua Penghargaan Subroto dalam bidang Keselamatan Minyak dan Gas Bumi dengan Kriteria jam Kerja Aman, serta Bidang Inovasi Energi dari Kementerian ESDM.

"Total Recordable Insident Rate di Pertamina EP mencapai 0,16 merupakan hasil terbaik dalam sejarah Pertamina EP sekaligus tergolong pencapaian terbaik di KKKS SKK Migas," jelas Nanang.

Untuk lebih meningkatkan pemahaman aspek HSSE terhadap seluruh pekerja, Pertamina EP menggelar acara Peringatan Bulan K3 Nasional 2018.

Berbagai kegiatan bulan K3 diisi dengan rangkaian kegiatan seputar keselamatan kerja, seperti penanganan keadaan darurat, pelatihan first aider, fire drill, serta perlombaan cerdas cermat.

Komisaris Utama Pertamina EP Syamsu Alam mengapresiasi peringatan Bulan K3 Nasional. Kegiatan itu mengajak semua para pekerja mengetahui lebih dalam lagi mengenai aspek-aspek HSSE, katanya.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018