London (ANTARA News) - Dua Lipa dan Stormzy menjadi dua penyanyi peraih anugerah tertinggi BRIT Award tahun ini yang merupakan penghargaan musik paling bergengsi di Inggris Raya. Kedua penyanyi sama-sama merebut dua trofi.

Lipa diganjar penghargaan artis solo wanita terbaik dan breakthrough act pada penghargaan British Record Industry Trust (BRIT) yang diselenggarakan di London, Rabu waktu setempat, sedangkan rapper Stormzy memenangkan artis solo pria terbaik dan album terbaik lewat "Gang Signs & Prayer."

Ed Sheeran memang lebih mendunia tetapi dia kalah dari tiga kategori di mana dia dinominasikan, sebaliknya bintang One Direction Harry Styles memenangkan video terbaik.

Foo Fighters juga mendapatkan penghargaan band internasional, sedangkan rapper AS Kendrick Lamar dinobatkan sebagai artis internasional terbaik. Kemudian, penyanyi Selandia Baru Lorde mendapat penghargaan artis solo wanita internasional terbaik.

Pada acara ini, Sheeran, Lipa dan Lamar tampil menyanyikan nomor-nomor mereka, sedangkan Justin Timberlake membuka acara ini dengan "Say Something".

Kebanyakan bintang yang hadir mengenakan mawar putih sebagai tanda dukungan kepada gerakan antipelecehan seksual dan hak-hak perempuan.

"Ini menciptakan perbedaan. Kami melindungi diri dengan cara kami dan beginilah kami menciptakan perbedaan," kata Dua Lipa.

Yang juga tampil adalah pentolan Oasis, Liam Gallagher, lewat Live Forever" untuk mengenang korban penembakan dan bom bunuh diri dalam konser Ariana Grande di Manchester Mei 2017 yang menewaskan 22 orang, demikian Reuters.

Baca juga: Ed Sheeran menangkan penampilan solo terbaik Grammy Awards


Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018